7 Fakta RS Pasien Corona di Wuhan yang Dibangun Dalam 10 Hari - Channel Media Berita Central Indonesia

Selasa, 04 Februari 2020

7 Fakta RS Pasien Corona di Wuhan yang Dibangun Dalam 10 Hari

7 Fakta RS Pasien Corona di Wuhan yang Dibangun Dalam 10 Hari

7 Fakta RS Pasien Corona di Wuhan yang Dibangun Dalam 10 Hari
CMBC Indonesia - China kembali menunjukkan kedigdayaannya di bidang konstruksi saat membangun rumah sakit (RS) untuk pasien virus corona. RS ini dibangun dalam waktu 10 hari dengan sederet fasilitas lengkap.
Fasilitas kesehatan bernama RS Huoshenshan ini dirancang desainnya dan mulai dibangun pada 23 Januari lalu. Pembangunannya dinyatakan telah selesai pada Minggu (2/2) waktu setempat. Laporan Associated Press yang mengutip media nasional China, menyebut pasien pertama tiba di RS Huoshenshan pada Senin (3/2) pagi, sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

1. Nama

Rumah sakit kilat ini dinamai RS Huoshenshan, yang berarti Gunung Dewa Api. Belum ada penjelasan soal maksud penamaan tersebut.

2. Daya Tampung

RS ini memiliki 1.000 tempat tidur untuk pasien virus corona. Tujuan pembangunan RS ini memang untuk menampung pasien yang tak tertampung di rumah sakit-rumah sakit yang sudah ada.

3. Proyek Serupa

Pembangunan RS ini didasarkan pada desain RS Xiaotangshan yang dibangun otoritas China di Beijing untuk mengatasi wabah SARS tahun 2003 atau sekitar 17 tahun lalu. Diketahui bahwa RS Xiaotangshan saat itu dibangun hanya dalam waktu tujuh hari.

4. Bahan Bangunan

Sama seperti RS Xiaotangshan, pembangunan RS Huoshenshan untuk pasien virus corona di Wuhan dilakukan dengan menggunakan bangunan prefabrikasi, semacam bangunan atau panel yang telah dicetak terlebih dulu di pabrik kemudian dikirimkan ke lokasi pembangunan dan dirakit di tempat.

5. Jumlah Pekerja

Menurut laporan media lokal, Economic Daily, proyek pembangunan RS Huoshenshan melibatkan 700 personel managerial dan 4 ribu pekerja konstruksi.

Xinhua News Agency yang dikutip Associated Press menyebut pembangunan ini melibatkan 7 ribu personel, yang terdiri atas tukang kayu, tukang ledeng, tukang listrik dan spesialis-spesialis lainnya.

6. Fitur dan Fasilitas

RS Huoshenshan ini memiliki luas bangunan 60 ribu meter persegi dan terdiri atas dua lantai. Menurut surat kabar pemerintah, Yangtze Daily, sekitar separuh dari bangunan itu merupakan kamar karantina untuk pasien virus corona. Disebutkan juga bahwa ada sedikitnya 30 ruang perawatan intensif (ICU) di RS darurat ini.

RS Huoshenshan memiliki sistem ventilasi khusus dan lemari kabinet dua sisi, yang menghubungkan kamar pasien dengan lorong dan memampukan staf-staf RS untuk mengantarkan pasokan tanpa perlu memasuki kamar-kamar pasien.

7. Penggunaan Robot

Dilaporkan Yangtze Daily, para dokter bisa berbicara dengan para ahli di luar melalui sistem video yang menghubungkan mereka ke Rumah Sakit Umum PLA (militer China) di Beijing. Menurut media Yangtze Daily, sistem video tersebut dipasang hanya dalam waktu kurang dari 12 jam oleh sebuah "tim komando" beranggotakan 20 orang dari perusahaan Wuhan Telecom Ltd.(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved