Pelayat Gus Sholah Salat Zuhur, Hotman Diminta Kiai Makan di Saf Belakang - Channel Media Berita Central Indonesia


Selasa, 04 Februari 2020

Pelayat Gus Sholah Salat Zuhur, Hotman Diminta Kiai Makan di Saf Belakang

Pelayat Gus Sholah Salat Zuhur, Hotman Diminta Kiai Makan di Saf Belakang



Pelayat Gus Sholah Salat Zuhur, Hotman Diminta Kiai Makan di Saf Belakang
CMBC Indonesia - Wafatnya Kiai Haji Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, tak hanya menyisakan kisah duka, tapi juga cerita toleransi yang bakal diwariskan.

Kisah toleransi dalam prosesi pemakaman Gus Sholah itu adalah, kala para ulama, santri, dan para pengagumnya sedang menunggu kedatangan jenazah sang kiai yang diterbangkan dari Jakarta menuju Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Senin (3/2/2020).

Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea yang berada di Bali, mengusahakan dirinya agar bisa sampai di Jombang sebelum jenazah Gus Sholah dimakamkan pada komplek Ponpes Tebuireng.

Hotman, dikenal sebagai teman dekat Gus Sholah. Bahkan, sebagai sahabat, Hotman adalah orang Kristen Batak pertama yang dulu diundang berbicara dalam Ponpes Tebuireng.

Sang pengacara juga mendapat gelar "gus" dari Gus Sholah karena konsisten memberikan bantuan hukum kepada orang-orang tak mampu.

Hubungan hangat Hotman - Gus Sholah itulah yang membuat pengampu acara Kopi Joni tersebut menempuh perjalanan jauh demi mengantar sahabatnya ke tempat peristirahatan terakhir.

Hotman sampai di kompleks Ponpes Tebuireng tepat Senin siang, ketika jenazah Gus Sholah belum sampai di sana.

Dia lantas dijamu oleh para santri dan ulama-ulama sepuh. Bahkan, ketika para kiai senior hendak beribadah salat Zuhur, Hotman yang hendak keluar ruangan justru ditahan.

Hotman dipersilakan tetap berada dalam ruangan, duduk di bagian paling pelakang saf jemaah salat. Tak hanya itu, Hotman pun dihidangkan makanan dan dipersilakan makan, karena habis menempuh perjalanan jauh.

Hal itu diungkapkan Hotman melalui video yang diunggah pada akun Instagram pribadinya, @hotmanparisofficial.

"Netizen jangan nyinyir dulu! Sebelum tiba jenazah Gus Sholah, maka para Kyai sholat dzhuhur di rumah peninggalan pendiri Nu ( Hasyim Asy’ari)," tulisnya sebagai keterangan video.

Ia melanjutkan, "Hotman sudah mau keluar ruangan, tapi oleh Para Kyai di suruh duduk dan dikasi makan! He-he karena sejak awal pertemuan akrab. Karena Hotman sudah pernah diundang Tebu Ireng dan dikasih gelar Gus(diJombang Pesantren Tebu Ireng). Muka hotman capek kusam terbang dari bali ke Jombang)."

Dalam video itu, tampak para kiai senior melaksanakan salat Zuhur berjemaah. Sementara Hotman berada di barisan belakang saf. Di depan Hotman yang duduk bersila, tedapat sejumlah piring berisi makanan.

Video Hotman tersebut kontan viral di media-media sosial. Di Twitter misalnya, video Hotman itu diunggah ulang oleh akun Katolik Garis Lucu.

"Ini nih enaknya di @NUgarislucu. Yang lain disuruh sholat, tamunya dapat berkat.. Hantam bang Hotman, jangan malu malu..." tulis akun itu.

"Ini namanya Indonesia," puji akun @pak_anggoro.

"Bang Hotman sudah membuktikan, agama berbeda tapi kemanusiaan sama. Alfateha untuk Gus Sholah, namaste," tulis akun @Abdulla.

Akun @UrPinkQueen membandingkan Hotman dengan pengalamannnya, "Aku banget pas ikut bukber kantor dan cuma aku yang Katolik. Yang lain ibadah, saya nyemilin kurma. Makasih gaes teman-teman muslim."

Kenangan Hotman

Pengacara kondang Hotman Paris memiliki kenangan tersendiri dengan almarhum Salahuddin Wahid alias Gus Sholah.

Hotman sempat diberikan gelar "Gus" oleh adik almarhum Gus Dur itu, ketika dirinya jadi pembicara di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur beberapa tahun lalu.

Hotman Paris mengatakan bahwa dirinya adala orang Batak pertama dan juga orang non islam yang bisa masuk ke Ponpes Tebuireng. Ia bangga akan hal itu.

"Bayangkan, akulah putra pertama Batak Kristen yang bisa masuk ke pesantren. Saya juga diberi gelar Gus, makanya nama saya orang Batak pertama dikasih gelar 'Gus'," ujar Hotman Paris, di Ponpes Tebuireng, Senin (3 /2/2020).


Lantas Hotman Paris langsung bertanya kepada awak media bahwa pemberian gelar tersebut adalah suatu hal yang keren. "Keren tidak?" tanya Hotman kepada awak media.

Kemudian Hotman Paris langsung meninggalkan awak media dengan tertawanya yang khas.

Hotman sendiri mengaku langsung bertolak dari Bali menuju Jombang, setelah mendengar Gus Sholah meninggal dunia.

Sebagai informasi, Hotman Paris diberikan gelar "Gus" oleh Gus Sholah setelah memberikan ceramah berupa motivasi kepada santri-santrinya di Ponpes Tebuireng 2019 lalu.

Sementara Salahuddin Wahid alias Gus Sholah meninggal dunia di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta, Minggu (2/2/2020) pukul 20.55 WIB.[] 




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved