Kemendagri Rencanakan Ubah e-KTP Jadi Digital, Kependudukan Diakses Lewat Ponsel - Channel Media Berita Central Indonesia

Rabu, 09 Juni 2021

Kemendagri Rencanakan Ubah e-KTP Jadi Digital, Kependudukan Diakses Lewat Ponsel

Kemendagri Rencanakan Ubah e-KTP Jadi Digital, Kependudukan Diakses Lewat Ponsel

Kemendagri Rencanakan Ubah e-KTP Jadi Digital, Kependudukan Diakses Lewat Ponsel


CMBC Indonesia - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) nampaknya bakal serius merencanakan pengubahan penyimpanan data dalam kartu tanda penduduk elektronik alias e-KTP menjadi digital.

Dengan teknologi tersebut, nantinya data penduduk bisa tersimpan dan dilihat melalui ponsel.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh dalam keterangan tertulis menyebutkan, pihaknya telah menyiapkan solusi berupa inovasi digital id (identitas digital).

"Pada dasarnya memindahkan informasi data KTP-el dari blangko fisik menuju digital dan dapat disimpan di handphone penduduk," kata Zudan melansir Batamnews (jaringan Suara.com), Selasa (8/6/2021).

Ia menyebut, inovasi ini dalam rangka Pemerintah mewujudkan satu data. Menurutnya, upaya perwujudan satu data kependudukan sering terhambat persoalan data penduduk non-permanen.

Sehingga, dengan program ini, maka pergerakan penduduk dapat teramati dan pemerintah bisa mengetahui jumlah penduduk di satu wilayah secara realtime.

"Misalnya, pemilik HP itu dalam satu tahun bertempat tinggal di wilayah Sumedang. Namun, KTP-elnya beralamat di Sukabumi. Ini bisa disimpulkan bahwa penduduk tersebut menjadi penduduk non-permanen di Sumedang," ujarnya.

"Secara agregat dan makro, hal ini bisa dilakukan untuk mengetahui perbedaan jumlah penduduk Sumedang secara de facto dan de jure," sambung dia.[sc]




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved