Melihat Gagahnya Sapi Kurban Jokowi dari Lembang Bandung Barat - Channel Media Berita Central Indonesia

Senin, 19 Juli 2021

Melihat Gagahnya Sapi Kurban Jokowi dari Lembang Bandung Barat

Melihat Gagahnya Sapi Kurban Jokowi dari Lembang Bandung Barat

Melihat Gagahnya Sapi Kurban Jokowi dari Lembang Bandung Barat


CMBC Indonesia - Presiden Joko Widodo menjatuhkan pilihan pada sapi berukuran jumbo dengan berat hampir 1 ton dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat, untuk dikurbankan pada Idul Adha tahun ini.

Sapi berjenis simental tersebut merupakan milik Agus Sumartono (50), peternak sapi asal Kampung Pangragajian, RT 02/04, Desa Kayuambon, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Sapi milik Agus menjadi satu dari sekian banyak sapi yang jadi hewan kurban Presiden Jokowi yang tersebar di sejumlah daerah. 

Dikutip dari berbagai sumber, Jokowi berkurban sapi di beberapa daerah seperti Kalimantan Barat, Aceh, Riau, Sumatera Barat, dan daerah lainnya.

Dilihat dari perawakannya, tak salah sapi milik Agus dipilih Jokowi. Sapi gempal dengan bulu berwarna cokelat kombinasi putih ini terlihat bersih, sehat, dan lincah. Sapi berusia 3,5 tahun itu memiliki bobot nyaris satu ton dengan tinggi 160 centimeter dan panjang lebih dari 160 centimeter.

Pekerja Agus bahkan kewalahan saat berusaha mengeluarkan sapi tersebut dari kandangnya mengingat ukuran sapi itu menjadi yang paling menonjol jika dibandingkan dengan sapi lain yang ada di peternakan tersebut.

"Sebelumnya sudah diperiksa sama Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Jawa Barat. Mulai dari ambil darah. Terus fesesnya juga diperiksa. Semua dari kotoran, darah, swab, sudah dinyatakan sehat," ungkap Agus kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

Agus mengaku membutuhkan usaha yang keras dalam melakukan perawatan sapi ini agar masuk nominasi dan lolos seleksi hingga akhirnya terpilih untuk sapi kurban Presiden Jokowi. Untuk makanan, Agus memberikan sapi tersebut konsentrat dua kali sehari dan rumput tiga kali sehari ditambah vitamin.

"Tentunya untuk pola makan disesuaikan ya. Lalu kebersihan juga harus diutamakan karena kalau tidak bersih dan tidak sehat, nanti sapi ini bakal penyakitan," kata Agus.

Agus memastikan sapi miliknya jadi hewan kurban Presiden Jokowi mengingat pihak perwakilan presiden dari kantor Sekretariat Negera sudah menghubunginya secara langsung. Hanya saja ia enggan menyebutkan berapa harga sapi jumbo tersebut.

"Harga sapinya rahasia perusahaan off the record saja. Tapi kalau perkiraan ya sampai puluhan juta. Katanya nanti mau dipotong di Kota Bandung," jelas Agus.

Agus tak menyangka jika sapi kesayangannya itu bisa lolos dan terpilih untuk sapi kurban Presiden Jokowi. Selain sapi miliknya, Agus menyebut ada dua sapi milik peternak dari daerah lainnya di wilayah Jawa Barat yang dipilih untuk jadi sapi kurban Jokowi.

"Alhamdulillah jelas senang sekali karena saya juga tidak menyangka sapi ini akan dipilih untuk kurban pak presiden," tandas Agus.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) KBB Wiwin Aprianti membenarkan bahwa sapi milik Agus Lembang terpilih untuk sapi kurban Presiden Jokowi.

"Sudah lolos seleksi. Rencananya sapi bantuan presiden (Banpres) itu akan dipotong di RPH KPSBU Lembang dan dagingnya akan dikirim ke Pusdai Bandung," ucap Wiwin.(detik)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved