Nasib Penjual Agar-agar yang Viral Beli Nasi Padang Rp5 Ribu, Kini Dapat Donasi Rp106 Juta - Channel Media Berita Central Indonesia

Sabtu, 31 Juli 2021

Nasib Penjual Agar-agar yang Viral Beli Nasi Padang Rp5 Ribu, Kini Dapat Donasi Rp106 Juta

Nasib Penjual Agar-agar yang Viral Beli Nasi Padang Rp5 Ribu, Kini Dapat Donasi Rp106 Juta

Nasib Penjual Agar-agar yang Viral Beli Nasi Padang Rp5 Ribu, Kini Dapat Donasi Rp106 Juta

CMBC Indonesia -  Inilah sosok Eman Suherman (46), warga Garut yang viral lantaran membeli nasi padang dengan uang lima ribu rupiah.

Dilansir Tribun Jabar, terungkap bahwa nasi padang yang akan dibeli Eman Suherman akan diberikan pada sang istri yang tengah mengandung.

"Nasi padang yang dibelinya itu ia bawa untuk istrinya di rumah, istrinya sedang mengandung enam bulan," ujar Wawan (48) saudara Eman, Jumat (30/7/2021).

Ia mengatakan, Eman merupakan sosok pekerja keras, dan rela berjalan sejauh 9 km setiap hari untuk berjualan agar-agar ke pusat kota Garut.

"Dia tidak mau diam di rumah, kalo tidak kerja katanya suka gak enak badan," ucapnya.

Mang Eman setiap hari hanya mendapat penghasilan kotor tiga puluh ribu hingga empat puluh ribu rupiah dari hasil berjualan agar-agar.

"Makanya saya heran, ini nasi padang dari mana, pas di rumah ia berikan kepada istrinya," ucap Wawan.

Elsa Amelia (19) merupakan orang yang pertama kali mengunggah video viral tersebut di TikTok, ia sendiri tidak menyangka bisa berada di posisi tersebut.

"Saya gemetaran, shock campur aduk semua rasa, bahagia dan penuh haru, semoga hasil dari donasi ini bisa membantu Pak Eman," ucapnya.

Amel mengatakan hasil donasi tersebut terkumpul sebesar Rp.108.048.000, bahkan menurutnya angka tersebut masih bisa bertambah karena meskipun donasi sudah ditutup tetap saja ada warga yang mengirimkan uang.

"Tadi pas hasil donasinya itu diberikan, Pak Eman sudah memotong 2,5 persen untuk zakat, terus katanya Pak Eman mau roda buat jualan, nanti kita bikinkan dari hasil donasi ini," ujarnya.

Amel mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang sudah bergabung bersamanya dan berdonasi untuk Mang Eman.

"Semoga kita semua bisa menularkan banya kebaikan apalagi di masa pandemi seperti ini," ucap mahasiswi semester lima Fakultas MIPA, Universitas Garut itu.
Viral di TikTok

Setelah viral di media sosial, kejadian seorang bapak penjual agar-agar di Garut yang kedapatan sedang membeli nasi padang dengan uang lima ribu rupiah akhirnya berbuah manis.

Pemilik akun Tik Tok @elsameliaa, Elsa Amelia (19), mengatakan, ia sudah membuka donasi setelah video yang ia unggah viral.

Donasi tersebut ia buka atas desakan dari warganet yang berkomentar di unggahannya itu.

Amel, panggilan akrabnya, berhasil mendapat donasi sebesar Rp 106.048.000.

"Uang yang sudah terkumpul sebanyak seratus juta lebih. Saya sangat kaget respons dari viewer luar biasa," ujarnya saat diwawancarai Tribunjabar.id, Jumat (30/7/2021).

Amel menjelaskan, bapak tersebut bernama Eman.

Warga sering memanggilnya Mang Eman.

Ia cukup dikenal di perkotaan Garut sebagai penjual agar-agar keliling.

"Waktu itu Mang Eman datang ke rumah makan kami, mengepal uang lima ribu. Saya lihat dagangannya masih utuh, dagang agar-agar," tutur Amel.

Kemudian ia merekam kedatangan Mang Eman karena merasa iba.

Ia pun menggratiskan satu porsi nasi padang buat Mang Eman.

Amel menerangkan video tersebut ia rekam dua hari yang lalu dan baru ia unggah hari Kamis (29/7/2021) pukul 10.30 WIB.

"Setelah lima jam dikirim ke Tiktok dan membuka donasi, saya benar-benar kaget, uang yang terkumpul banyak sekali," ucapnya.

Ia pun bergegas mencari alamat Mang Eman.

Kemudian diketahui Mang Eman adalah warga Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.

"Ini saya sekarang sedang di bank, untuk mencetak mutasi uang yang masuk."

"Nantinya mutasi itu akan saya update, untuk pertanggungjawaban saya ke para donatur di Tiktok," ucapnya. (*)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved