Mangkunegara IX Akan Dimakamkan di Girilayu Karanganyar Hari Minggu - Channel Media Berita Central Indonesia

Jumat, 13 Agustus 2021

Mangkunegara IX Akan Dimakamkan di Girilayu Karanganyar Hari Minggu

Mangkunegara IX Akan Dimakamkan di Girilayu Karanganyar Hari Minggu

Mangkunegara IX Akan Dimakamkan di Girilayu Karanganyar Hari Minggu


CMBC Indonesia - Pihak keluarga Pura Mangkunegaran akhirnya memutuskan untuk memakamkan jenazah KGPAA Mangkunegara IX pada Minggu (15/8) lusa. Pemakaman akan dilakukan di Astana Girilayu, Karanganyar.

"Pemakaman dilaksanakan hari Minggu (15/8)," kata Humas Pura Mangkunegaran, Joko Pramudyo, Jumat (13/8/2021).

Jenazah KGPAA Mangkunegawa IX rencananya akan tiba di Solo sore ini. Sebelum dimakamkan, jenazah akan disemayamkan di Ndalem Ageng.

"Tadi sekitar pukul 10.20 WIB sudah berangkat dari Jakarta. Nanti sore sekitar pukul 15.00 tiba di sini," ujarnya.

Joko mengatakan proses pemakaman akan dilakukan sesuai adat Mangkunegaran. Selain itu, prosesi juga akan menyesuaikan protokol kesehatan agar tidak menimbulkan kerumunan.

"Prosesi yang jelas sesuai adat Mangkunegaran dan protokol kesehatan. Kami tegaskan beliau wafat bukan COVID," katanya.

Terkait urutan prosesi, Joko menyebut masih akan membahas secara detail sore nanti.

Pura Mangkunegaran Solo juga telah menyampaikan kabar duka secara resmi terkait wafatnya KGPAA Mangkunegara IX. Jenazah Mangkunegara IX akan dimakamkan di pemakaman khusus para pengageng pura di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar.

Dalam lelayu yang resmi dikeluarkan Pura Mangkunegaran, disebutkan bahwa KGPAA Mangkunegara IX mangkat pada hari Jumat Legi 13 Agustus 2021 pukul 02.50 WIB di kediaman pribadi di Jakarta.

Selanjutnya jenazah akan disemayamkan di Ndalem Ageng Pura Mangkunegaran untuk memberikan kesempatan penghormatan terakhir bagi abdidalem (abdi pura), sentanadalem (kerabat pura) maupun para pelayat umum.

Selanjutnya jenazah akan dimakamkan di pemakaman khusus keluarga pengageng Mangkunegaran di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar.

"Berangkat dari Kagungandalem Ndalem Ageng, POura Mangkunegaran Surakarta, pada hari Minggu Pon, 15 Agustus 2021, pukul 10.00 WIB," demikian bunyi lelayu resmi dari Pura Mangkunegaran yang diterima detikcom, Jumat (13/8/2021).

KGPAA Mengkunegara wafat di usia 70 tahun, meninggalkan seorang istri, Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX (permaisuri).

Selain itu almarhum juga meninggalkan empat orang anak yakni yakni GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, GRA Putri Agung Suniwati, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dan GRA Ancillasura Sudjiwo. Gusti Mangku juga dikaruniai seorang cucu, RM Narendra Brahma Putra.(detik)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved