Megawati Ingin 'Bung' Populer Lagi, Kalau Panggil Perempuan Bagaimana? - Channel Media Berita Central Indonesia

Sabtu, 14 Agustus 2021

Megawati Ingin 'Bung' Populer Lagi, Kalau Panggil Perempuan Bagaimana?

Megawati Ingin 'Bung' Populer Lagi, Kalau Panggil Perempuan Bagaimana?

Megawati Ingin 'Bung' Populer Lagi, Kalau Panggil Perempuan Bagaimana?


CMBC Indonesia - Megawati Soekarnoputri ingin panggilan 'bung' populer lagi. Sebagaimana diketahui, 'bung' adalah sapaan untuk pria. 

Lantas, apa kata sapaan yang setara dengan 'bung' untuk perempuan?
Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Profesor Hariyono menjelaskan sapaan bung digunakan sejak era pergerakan nasional sebelum kemerdekaan. 

Orang-orang angkatan '45 juga sering menyapa satu sama lain dengan panggilan 'bung'.

"Kalau sapaan untuk perempuan, mereka menggunakan 'sus'. Sebenarnya itu bahasa Belanda, tapi sudah menjadi bahasa Indonesia. Generasi '45 menyapa perempuan dengan kata 'sus'," kata Hariyono kepada wartawan, Sabtu (14/8/2021).

Jadi sapaan yang setara 'bung' tapi untuk perempuan adalah 'sus'. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V, kata 'sus' berarti 'kata sapaan kepada wanita muda'. Selain itu, 'sus' juga berarti 'Kata sapaan kepada suster atau juru rawat wanita'.

Sebelumnya, Megawati menyampaikan panggilan 'bung' bisa dipakai untuk menyapa orang tanpa memikirkan pangkat dan jabatan. Dia ingin panggilan 'bung' populer kembali.

"Menurut saya, kita harusnya mempopulerkan menyebut 'bung', seperti tidak ada perbedaan," kata Megawati dalam peringatan HUT ke-119 Proklamator RI Mohammad Hatta yang digelar oleh Badan Nasional Kebudayaan Pusat (BKNP) PDIP secara virtual, Kamis (12/8) kemarin.(detik)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved