Sebelum Meninggal, Kiai di Sampang yang Jenazahnya Utuh Sempat Berpesan ke Anaknya - Channel Media Berita Central Indonesia

Minggu, 29 November 2020

Sebelum Meninggal, Kiai di Sampang yang Jenazahnya Utuh Sempat Berpesan ke Anaknya

Sebelum Meninggal, Kiai di Sampang yang Jenazahnya Utuh Sempat Berpesan ke Anaknya

Sebelum Meninggal, Kiai di Sampang yang Jenazahnya Utuh Sempat Berpesan ke Anaknya


CMBC Indonesia - Jasad KH. Ahmad Baidowi di Sampang diketahui masih utuh meski sudah 3 tahun dikebumikan. Sebelum meninggal, Kiai Baidowi sempat memberi pesan khusus keluarganya.

Putra Kiai Baidowi, KH Sufyan Ahmad menceritakan jika orang tuanya tidak memiliki riwayat penyakit yang parah. Sesaat sebelum meninggal, Kiai Baidowi berpesan agar para keluarga tidak menangisi kematiannya.

"Sebenarnya berpesan jika mau mati nanti, karena orang tua itu sakitnya ndak parah, biasa-biasa saja. Jam 12 siang masih biasa, sorenya sebelum meninggal dia berpesan 'saya mau mati nanti, jangan menangis ya, jangan nangis semua'," kata Kiai Sufyan kepada detikcom, Sabtu (28/11/2020).


Bahkan, Kiai Baidowi meninggal usai mengucapkan kalimat tauhid sebanyak tujuh kali dan ditutup dengan senyum di bibirnya. Selain itu, kedua tangan Kiai Baidowi juga terlihat bersendekap sendiri.

"Waktu meninggalnya hari Senin jam 6 sore, itu abah saya meninggal dengan mengucapkan allahu akbar, dengan bibir tersenyum, mengucapkan Allahu Akbar sendiri langsung meninggal," tambah Kiai Sufyan.


Kiai Baidowi memang bukan ulama besar. Kiai Sufyan menyebut abahnya merupakan kiai kampung yang kesehariannya dibuat mengabdi dan mengajarkan ilmu agama ke masyarakat di Kampung Langpanggang, Dusun Banbalang, Desa Batoporo Barat, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura.

"Orang tua saya biasa-biasa saja. Cuma dalam kesehariannya bergaul dengan masyarakat. Biasanya orang tua saya setiap hari dan malam bermasyarakat mengajari orang mengaji, ngajar agama dan apa yang dibutuhkan masyarakat," kata Kiai Sufyan.

Namun, Kiai Sufyan menyebut jika orang tuanya merupakan sosok yang senantiasa ikhlas dan jujur dalam memberi ajaran Islam pada masyarakat. Abahnya juga tidak pernah pamrih dalam berjuang menegakkan agama.

"Kalau Kiai kampung yang jelas bermasyarakat, perjuangannya tidak pernah pamrih, baik itu perjuangan di masyarakat tidak menoleh ke kanan dan ke kiri. Beliau ikhlas sampai para kiai-kiai NU dan ormas lain mengirim pesan ke saya mendoakan semoga perjuangan beliau yang jujur, ikhlas dan tanpa pamrih semoga diterima Allah," imbuhnya.

Jasad Kiai Baidowi yang masih utuh diketahui usai anaknya, KH Sufyan Ahmad menemukan makam abahnya ambruk akibat guyuran hujan yang deras pada Senin (23/11).

"Pertamanya hari Senin kemarin hujan luar biasa deras, tiba-tiba para santri itu tepat jam 12 siang salat berjemaah. setelah turun, para santri melihat kuburan orang tua itu dan melapor jika asta (Makamnya) kiai ambruk," kata Kiai Sufyan.


Lalu, Kiai Sufyan dan santrinya memperbaiki makam dengan bantuan masyarakat sekitar. Kiai Sufyan mengaku cukup terkejut saat melihat jenazah orang tuanya masih utuh. Bahkan, rambut Kiai Baidowi juga ditemukan masih ada.

"Terus diperbaiki sama santri, kemudian banyak masyarakat yang datang saat itu. Karena itu amblesnya dalam. Oleh saya disuruh perbaiki sampai ke dalam. Ternyata di dalamnya, pembatas antara mayit itu ternyata patah semua. Tapi alhamdulillah mayitnya tidak berubah, masih utuh," ungkap Kiai Sufyan.


Namun, Kiai Sufyan tidak memperkenankan orang lain untuk masuk ke liang lahat dan memegang jenazah. Proses perbaikan makam Kiai Baidowi dilakukan dengan mengganti kain kafannya dengan yang baru, tetapi tanpa memindahkan mayat dan mengubah posisi mayat.

"Terus mayit tidak disentuh santri atau masyarakat. Memang tidak saya perbolehkan. Saya minta posisinya jangan diubah, jadi seperti yang ada," pungkasnya.

Tak hanya ditemukan jasad masih utuh, jenazah Kiai Baidowi juga memancarkan aroma harum.

"Biasanya kan ada bau seperti kayak busuk, tapi ini enggak. Posisinya juga masih seperti semula. Karena (di dalam liang lahat) airnya masih banyak, kan biasanya airnya bau. Tapi itu enggak," imbuhnya.(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved