Diplomat AS Sampaikan Kekhawatiran Soal Penanganan Virus Corona di Indonesia - Channel Media Berita Central Indonesia

Jumat, 28 Februari 2020

Diplomat AS Sampaikan Kekhawatiran Soal Penanganan Virus Corona di Indonesia

Diplomat AS Sampaikan Kekhawatiran Soal Penanganan Virus Corona di Indonesia

Diplomat AS Sampaikan Kekhawatiran Soal Penanganan Virus Corona di Indonesia


CMBC Indonesia - Para diplomat Amerika Serikat menyampaikan kekhawatiran kepada pejabat-pejabat tinggi pemerintah Indonesia mengenai penanganan Indonesia terhadap wabah virus corona. Mereka mengingatkan pentingnya untuk lebih sering melakukan pengujian virus mematikan itu.

Sumber diplomatik AS seperti dilansir media Australia, Sydney Morning Herald (SMH), Jumat (28/2/2020), mengungkapkan bahwa para duta besar dari sejumlah negara barat -- termasuk Dubes AS untuk Indonesia, Joseph Donovan yang belum lama ini selesai bertugas -- telah menyampaikan kekhawatiran mereka kepada Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto dan pejabat-pejabat senior lainnya.

Menurut sumber tersebut seperti diberitakan SMH, sejumlah poin pembicaraan mengenai wabah corona telah beredar di kalangan komunitas diplomatik di Jakarta. Poin-poin tersebut diedarkan oleh para pejabat AS, yang dimaksudkan untuk memastikan para diplomat asing menyampaikan pesan mengenai perlunya Indonesia melakukan lebih banyak upaya untuk mempersiapkan dan melindungi diri dari coronavirus, dalam pertemuan tertutup dengan pejabat-pejabat Kesehatan RI.

Pesan yang disampaikan para diplomat AS itu mencakup peringatan bahwa "kami yakin sangat penting bagi pemerintah Anda untuk secara aktif melakukan deteksi kasus". Poin lainnya adalah "banyak rumah sakit tidak memiliki PPE (peralatan perlindungan diri), tidak cukupnya tempat tidur isolasi dan transportasi spesimen yang tidak memadai.

Menurut SMH, para diplomat dari kedutaan-kedutaan seperti Australia, AS dan Kanada juga telah bertemu satu sama lain untuk membahas penyebaran virus yang tampaknya tidak menyebar ke Indonesia.

Terkait pemberitaan ini, seorang juru bicara Kedutaan Besar AS di Jakarta seperti diberitakan SMH, tidak membantah bahwa mantan Dubes Donovan pernah menyampaikan keprihatinannya mengenai wabah corona kepada Menkes Terawan sebelum dia menyelesaikan tugas diplomatiknya pada 14 Februari lalu.

"Kami secara rutin bertemu dengan pejabat-pejabat pemerintah Indonesia mengenai berbagai topik yang berkaitan dengan hubungan bilateral kami selama lebih dari 70 tahun. Kami tidak membahas secara publik rincian percakapan diplomatik kami. Soal wabah coronavirus yang berkembang dengan cepat, sama seperti rekan-rekan Indonesia kami, kami mengamatinya dengan cermat, "katanya.

"Pemerintah Amerika Serikat telah memberikan bantuan materi dan teknis kepada Indonesia. Bantuan ini untuk Indonesia dan negara-negara lain di kawasan ini sedang berlangsung," imbuh juru bicara tersebut.

Hingga saat ini belum ada satu pun kasus terkonfirmasi virus corona di wilayah Indonesia. Sementara virus asal Wuhan, China ini telah menyebar ke sedikitnya 50 negara di dunia dan nyaris semua negara tetangga Indonesia telah melaporkan adanya kasus corona.[dtk]




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved