Bikin Haru, Kisah Tuna Rungu Transaksi di Bank - Channel Media Berita Central Indonesia

Minggu, 07 Juni 2020

Bikin Haru, Kisah Tuna Rungu Transaksi di Bank

Bikin Haru, Kisah Tuna Rungu Transaksi di Bank

Bikin Haru, Kisah Tuna Rungu Transaksi di Bank
CMBC Indonesia - Keadaan pandemi COVID-19 di Indonesia yang kian berlarut, memaksa masyarakat untuk mengubah konsep normal yang sehari-hari dilakukan. Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, protokol kesehatan baru pun dibentuk untuk menekan penyebaran virus yang terjadi.
Tentunya keadaan baru ini, membuat banyak cerita atau kisah menarik seputar COVID-19 yang dibagikan oleh masyarakat melalui berbagai platform. Salah satunya adalah media sosial seperti Twitter.

Baru-baru ini, sebuah cerita inspiratif beredar di Twitter mengenai seorang satpam dari BNI bernama Kurniawan, yang membantu Widi Utami seorang tunarungu dalam melakukan aktivitas perbankan di kondisi new normal.

"Tuli Pergi ke Bank di Tengah Pandemi Hormat sedalam-dalamnya untuk Bapak Kurniawan, Satpam @BNI cabang Jati Raya, Banyumanik," ungkap Widi Utami, melalui akun Twitternya @MustikaUngu, Jumat (5/6/2020).

Widi menceritakan, dengan keadaan yang ia miliki sebenarnya masih ada cara untuk berkomunikasi yaitu menggunakan gerakan bibir. Namun dikarenakan adanya protokol kesehatan, komunikasi tersebut terhalang dengan penggunaan masker.

"Aku Tuli, tetapi masih bisa ngomong. Mengandalkan cara bicara dengan membaca gerak bibir. Begitu ada protokol wajib pakai masker. Blar! Rasanya hopelesssss," ungkapnya.

Namun, Widi tidak putus asa dan mencari cara lain untuk berkomunikasi yaitu dengan menggunakan kertas yang ditulis olehnya. Widi pun pergi untuk melakukan transaksi perbankan di BNI cabang Jati Raya Banyumanik.

Sesampainya disana ia bertemu dengan seorang satpam bernama Kurniawan. Widi pun langsung memberikan secarik kertas yang telah ditulis olehnya.

Aku datang dengan membawa kertas bertuliskan pemberitahuan jika aku tuli dan keperluanku. Kuberikan kepada Satpam," jelasnya.

Dengan sigap satpam BNI tersebut menemani Widi untuk melakukan berbagai proses transaksi perbankan sesuai dengan protokol yang ada. Mulai dari pengisian slip, proses perbankan ke teller, hingga menuliskan apa yang teller katakan.

"Oleh Satpam, aku ditemani, dari mengisi slip penarikan, sampai ke teller. Satpam memberitahuku ketika nomor antrianku dipanggil, lalu menemaniku memproses transaksi di teller. Teler berbicara, satpam yang menuliskannya untukku," terangnya.

Widi pun kemudian berterima kasih kepada Kurniawan sebagai satpam BNI yang telah menjalankan tugasnya dengan sangat baik, serta telah menyesuaikan keadaan dengan kebutuhan yang dimiliki oleh nasabahnya.

"Aku yakin, dengan speak up terus menerus, Indonesia akan inklusif pada waktunya. Dear all, keluarlah dan sampaikan kebutuhanmu yang spesial, then... mereka akan menyesuaikannya dengan keadaan kita," pungkas Widi.

Menanggapi cerita Widi, Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati mengatakan, BNI senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi semua nasabah. Ia pun mengapresiasi sikap Kurniawan yang telah bekerja profesional dan dalam membantu Widi.

"Kami berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua nasabah setia kami, tanpa membeda-bedakan status maupun kondisi spesifik setiap orang. Kami turut bangga dan bahagia atas kepuasan Ibu Widi Utami terhadap pelayanan yang diberikan oleh Bapak Kurniawan di Kantor BNI Cabang Jati Raya, Banyumanik, Jawa Tengah. Semoga pelayanan yang kami berikan tidak hanya memuaskan, akan tetapi memberikan nilai lebih. Adapun pelayanan yang diberikan Bapak Kurniawan patut diberi apresiasi, karena yang dilakukannya telah memenuhi standar profesionalitas dan sikap berorientasi pada pelanggan yang dilakukan oleh petugas satuan pengamanan di BNI," kata wanita yang akrab disapa Susi di Jakarta, Jumat (5/6/2020).

Sebagai informasi, BNI telah siap untuk menyambut masa new normal dengan memperkuat berbagai layanan dalam aktivitas operasional di seluruh outlet maupun berbagai channel elektronik. Perubahan perilaku, cara berinteraksi, berkomunikasi, dan transaksi nasabah, menjadi dasar bagi BNI untuk mengimplementasikan berbagai strategi dan inovasi di berbagai fungsi dan lini unit agar sesuai dengan kondisi saat ini.

Selain itu, BNI juga mempermudah nasabah dengan fasilitas layanan BNI Mobile Banking. Di mana para nasabah BNI dapat bertransaksi langsung secara praktis melalui smartphone secara aman, mudah, dan cepat tanpa harus keluar rumah.

Adapun layanan transaksi yang ditawarkan dalam BNI Mobile Banking yaitu layanan transaksi informasi saldo, transfer, pembayaran tagihan, pembayaran kartu kredit, pembelian pulsa, dan masih banyak lagi.

Saat ini BNI juga memiliki terobosan baru melalui fitur Mobile Tunai di aplikasi BNI Mobile Banking tersebut. Fitur ini memudahkan nasabah untuk melakukan penarikan uang tunai di ATM BNI (Setor/Tarik Tunai) dan ATM link (BNI) tanpa perlu membawa kartu debit BNI. Inovasi dan pelayanan maksimal terus dilakukan BNI agar menjadi yang terdepan di masa new normal saat ini.(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved