Situs Berita Tempo Diretas, Diduga Terkait Pemberitaan - Channel Media Berita Central Indonesia

Sabtu, 22 Agustus 2020

Situs Berita Tempo Diretas, Diduga Terkait Pemberitaan

Situs Berita Tempo Diretas, Diduga Terkait Pemberitaan

Situs Berita Tempo Diretas, Diduga Terkait Pemberitaan
CMBC Indonesia - Media tempo.co dari Tempo Media Group melaporkan telah diretas, yang mereka sebut sebagai pihak tak bertanggung jawab, Jumat (21/8/2020) pagi. Peretasan, sebut media itu, terjadi dini hari. Namun, dalam lima menit tim tempo telah behasil mengambil alih situs dari peretasan.

Meski tak dijelaskan kenapa situs berita itu diretas, tetapi kuat dugaan, hal ini berkaitan dengan berita-berita tempo. Sejauh ini, tempo juga tak merilis kenapa situs mereka diretas, dan dugaan soal kenapa situs itu diretas.

Sebagaimana yang dimuat di tempo.co, kronologi peretasan adalah sebagai berikut.

– 00.00 WIB
Situs Tempo tidak bisa diakses dengan layar putih bertuliskan 403 forbidden.

– 00.30 WIB
Awalnya, tampilan situs berubah menjadi warna hitam. Lalu, ada iringan lagu Gugur Bunga selama 15 menit.

Di dalamnya, ada tulisan “Stop Hoax, Jangan BOHONGI Rakyat Indonesia, Kembali ke etika jurnalistik yang benar patuhi dewan pers. Jangan berdasarkan ORANG yang BAYAR saja. Deface By @xdigeeembok.”

Ketika diklik, maka akan beralih langsung ke akun twitter @xdigeeembok. Akun ini bergabung di twitter sejak Juli 2009 dan memiliki 465 ribu pengikut.

– 00.51 WIB
Akun twitter @xdigeeembok menuliskan cuitan #KodeEtikJurnalistikHargaMati. Lalu diikuti dengan cuitan kedua bertuliskan, “Malam Jumat ada yg lembur. Mampus… db bye… bye… bye…”

Lewat kolom komentar, sejumlah netizen pun mengunggah cuplikan layar dari situs tempo.co yang sudah diretas. Akun @xdigeeembok pun mengomentari salah satunya dengan balasan “Peringatan Mesra.”

Baca juga: Pemerintah Luncurkan Prangko Seri Jokowi-Ma’ruf hingga Penanggulangan Covid-19

– 01.24 WIB
Tim dari tempo.co sudah bisa mengambil alih kembali situs ini. Layar hitam hilang berganti menjadi layar putih bertuliskan “We’ll be back soon!”
Lalu diikuti dengan tulisan “Sorry for the inconvenience but we’re performing some maintenance at the moment. If you need you can always contact us, otherwise we’ll be back online shortly! – The Team.”

– 01.30 WIB
Situs tempo.co pun kembali normal. Tampilan awal dari situs ini sudah kembali dan bisa diakses seperti sedia kala.

– 02.26 WIB
Situs Tempo kembali diserang dengan tampilan yang serupa dengan aksi pertama. Berselang 5 menit, tim dari tempo.co sudah bisa mengambil alih kembali situs ini dari aksi peretasan. []




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved