Anggota TNI Tewas Kontak Tembak dengan KKB, Kapolda Papua Berduka Cita - Channel Media Berita Central Indonesia

Selasa, 16 Februari 2021

Anggota TNI Tewas Kontak Tembak dengan KKB, Kapolda Papua Berduka Cita

Anggota TNI Tewas Kontak Tembak dengan KKB, Kapolda Papua Berduka Cita

Anggota TNI Tewas Kontak Tembak dengan KKB, Kapolda Papua Berduka Cita

CMBC Indonesia - Kontak tembak antara tentara dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terjadi di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Senin (15/2).

Dalam kontak tembak itu dilaporkan seorang prajurit dari Yonif 400/BR yang tergabung dalam satuan tugas pengamanan daerah rawan (satgas pamrahwan), Prada Ginanjar meninggal akibat luka tembak yang dideritanya. Berdasar Informasi, baku tembak yang terjadi sekitar pukul 08.20 WIT itu mengakibatkan Prada Ginanjar terkena tembakan di bagian perut hingga tewas.

Jenazahnya saat ini sudah dievakuasi ke Timika dengan menggunakan helikopter yang sebelumnya membawa Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono dan rombongan ke Sugapa. Jenazah Prada Ginanjar sudah dievakuasi ke Timika dan akan dibawa ke kampung halamannya untuk dimakamkan.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyampaikan bela sungkawa atas gugurnya prajurit dari Yonif 400/BR yang tergabung dalam satuan tugas pengamanan daerah rawan di Kabupaten Intan Jaya.

”Kami turut berduka cita atas gugurnya Prada Ginanjar dalam kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Senin (15/2) pagi,” ungkap Paulus Waterpauw seperti dilansir dari Antara, di Jayapura Senin (15/2) malam.

Polda Papua akan terus berkolaborasi dengan Kodam XVII Cenderawasih dan satuan tugas untuk mendukung kepolisian dalam penegakan hukum.

Kapolda mengakui ada banyak kendala di Kabupaten Intan Jaya karena memiliki karakteristik yang berbeda dengan daerah-daerah di kawasan pegunungan tengah Papua. Yakni, selain letak geografis dan kondisi alam serta wilayah itu jarang penduduknya.

”Karena itu, akan dibuat konsep terpadu tentang pengamanan di mana sebagai wilayah yang punya teritori dan dibantu satuan tugas mempunyai tanggung jawab besar,” tutur Paulus Waterpauw.

Ketika ditanya tentang tantangan perang dengan KKB, Paulus Waterpauw menegaskan, TNI-Polri siap.

”Namun apakah KKB bisa dipastikan tidak melibatkan warga sipil? Bila itu bisa dipenuhi KKB akan dilakukan tindakan tegas dan terukur,” ujar Paulus Waterpauw.

Saat ini, Pemda Intan Jaya sudah menyiapkan tempat untuk menampung personel yang akan ditugaskan di wilayah itu. Polda Papua juga sudah mengirim kendaraan operasional ke Sugapa.

”Kendaraan operasional saat ini sudah berada di Sugapa dan diharapkan dapat memudahkan kegiatan anggota dalam melaksanakan tugas,” Paulus Waterpauw.[jpc]




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved