Kalau Kalah Lawan AHY, Moeldoko Cs Diperkirakan Bikin Partai Baru - Channel Media Berita Central Indonesia

Selasa, 16 Maret 2021

Kalau Kalah Lawan AHY, Moeldoko Cs Diperkirakan Bikin Partai Baru

Kalau Kalah Lawan AHY, Moeldoko Cs Diperkirakan Bikin Partai Baru

Kalau Kalah Lawan AHY, Moeldoko Cs Diperkirakan Bikin Partai Baru

CMBC Indonesia - Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing menyebut Moeldoko Cs berpotensi mendirikan partai baru jika kalah dalam perseteruan dengan kubu Partai Demokrat versi Agus Harimurti Yudhoyono. Salah satu kuncinya yakni soliditas dengan seluruh elemen KLB.

Dia menyebut perseteruan antar dua kubu Partai Demokrat semakin maju dan sudah saling buka kelemahan antar para pihak di ruang publik. Kubu Moeldoko mencari pengakuan legal formal sedangkan versi AHY memilih eksistensi demokrat terus terjaga secara dejure maupun defakto.

Jika ingin menang, kubu Moeldoko harus mendapat legal fomal Kemenkumham dan melakukan konsolidasi keseluruh Indonesia secara masif dan cepat. Namun, jika nantinya Moeldoko dalam kelompok KLB dinyatakan kalah diperkirakan membentuk partai baru.

"Jika KLB tidak memperoleh legal formal, bisa jadi kelompok ini (Moeldoko) mendirikan partai baru, sepanjang mereka semua solid," kata Ermus, Senin (15/3/2021).

Namun, jika Moeldoko bersama kubu KLB tak dapat solid akan menghasilkan masalah baru salah satunya elite dalam kelompok tersebut akan hilang.

"Dari aspek komunikasi politik, karir politik mereka akan sulit muncul ke permukaan," tuturnya. []




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved