Kilang Pertamina Cilacap Terbakar - Channel Media Berita Central Indonesia

Sabtu, 12 Juni 2021

Kilang Pertamina Cilacap Terbakar

Kilang Pertamina Cilacap Terbakar

Kilang Pertamina Cilacap Terbakar


CMBC Indonesia - Pascainsiden kebakaran bundwall di kilang Cilacap, Pertamina memastikan kondisi masyarakat di sekitar kilang aman dan tidak terdampak. 

Area Manager Communication, Relations, and CSR Kilang Pertamina Cilacap Hatim Ilwan mengatakan lokasi area tangki yang terbakar berada jauh dari permukiman warga.

"Kebakaran terjadi di salah satu area tangki penyimpanan yang lokasinya berada jauh di dalam kompleks kilang, bukan kilang atau pabrik pengolahannya. Penyebab kebakaran belum diketahui," kata Hatim dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/6/2021).

Hal tersebut turut dibenarkan oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rahman. Dia menjelaskan kebakaran tidak berdampak pada masyarakat sekitar. Menurut Syamsul, tim pemadam kebakaran Pertamina Cilacap sudah melakukan tugasnya secara profesional.

"Masyarakat tidak perlu panik dan khawatir," ujar Syamsul.

"Atas nama Pemkab Cilacap, kami sampaikan terima kasih Pertamina menangani semuanya secara profesional. Kapan pun dibutuhkan, tim pemadam dari Kabupaten juga siap diturunkan. Kami bersama TNI dan Polri siap membantu Pertamina sebagai objek vital nasional," tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi menjelaskan pihaknya tengah berfokus pada pengamanan perimeter dan area sekitar kilang. Kepolisian juga sudah menerjunkan personel untuk melakukan patroli agar warga menjauh dari titik kebakaran.

"Yang terdekat itu area pabrik sekitar 350 meter dari lokasi kebakaran," katanya.

"Kami mendukung penanganan kejadian yang saat ini pada upaya pendinginan untuk memastikan tidak ada lagi titik api," tambahnya.

Untuk diketahui, insiden kebakaran di salah satu area tanki atau bundwall kilang Cilacap terjadi kemarin pukul 19.30 WIB. Hingga saat ini pendinginan masih terus dilakukan untuk mencegah api timbul kembali.

Pada saat terbakar, tangki di area bundwall hanya berisi sepertiga produk benzene atau sebanyak 1.100 barel dari kapasitas total tangki 3.000 barel. Benzene adalah produk kilang yang merupakan bahan dasar untuk petrochemical, sehingga tidak terkait dengan produk BBM atau elpiji.

Saat terjadi kebakaran, kilang Cilacap juga masih beroperasi normal, dan Pertamina memastikan pasokan BBM serta elpiji tidak akan terganggu.(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved