Bantu Penanganan Pasien Covid-19, Perusahaan Ini Donasikan 500 Ton Oksigen - Channel Media Berita Central Indonesia

Minggu, 11 Juli 2021

Bantu Penanganan Pasien Covid-19, Perusahaan Ini Donasikan 500 Ton Oksigen

Bantu Penanganan Pasien Covid-19, Perusahaan Ini Donasikan 500 Ton Oksigen

Bantu Penanganan Pasien Covid-19, Perusahaan Ini Donasikan 500 Ton Oksigen


CMBC Indonesia - Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, kebutuhan oksigen medis di Indonesia mengalami kenaikan lebih dari enam kali lipat dari biasanya. Kebutuhan oksigen medis mencapai 2.500 ton per harinya pada akhir-akhir ini.

Padahal, sebelum terjadi lonjakan jumlah pasien Covid-19, kebutuhan oksigen medis di Indonesia berkisar 400 ton per hari. Lonjakan pasien Covid-19 menyebabkan ketersediaan oksigen di rumah sakit mulai terbatas.

Pasien-pasien Covid-19 dalam kondisi bergejala berat-kritis yang dirawat di rumah sakit sangat membutuhkan oksigen, sementara pasokan oksigen di tanah air mulai terbatas.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia telah berkoordinasi dengan industri-industri yang mampu memproduksi oksigen untuk kebutuhan medis dapat ikut bersama-sama membantu Pemerintah dalam memastikan ketersediaan oksigen bagi para pasien Covid-19 di tanah air.

Tanoto Foundation, lembaga filantropi independen dalam bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981, pada Jumat (9/7) telah mendonasikan 500 ton oksigen yang diproduksi oleh pabrik PT Riau Andalan Pulp and Paper atau APRIL Group, yang merupakan bagian dari Royal Golden Eagle guna membantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 di Indonesia melalui koordinasi Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan apresiasi dan memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Tanoto Foundation dan mitra perusahaan APRIL Group-PT Riau Andalan Pulp and Paper atau RAPP, yang dalam kondisi pandemi ini bersedia memberikan bantuan pasokan oksigen medis dengan mengalihkan fasilitas oksigen plant untuk proses bleaching pulp, sebagian digunakan untuk oksigen medis sebesar 500 ton atau 100 ton dalam lima kali pengiriman.

Pengiriman akan dilakukan mulai Jumat 9 Juli 2021 dari Pangkalan Kerinci menuju Jakarta secara bertahap. “Kontribusi sektor industri terhadap sektor kesehatan dalam penanggulangan Covid-19 sangat diharapkan dalam situasi sekarang ini. Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong ini diharapkan kita Bangsa Indonesia dapat segera mengendalikan sekaligus menangani pandemi Covid-19 serta bersama-sama kita kembali berkarya dalam bidang kita masing-masing untuk kembali mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang berkualitas,” ujar Menperin secara virtual.

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Dante Saksono Harbuwono mengapresiasi bantuan Tanoto Foundation dan APRIL Group. Menurutnya ketersediaan oksigen merupakan hal yang esensial yang harus segera dipenuhi di tengah kenaikan kasus Covid-19.

“Saya berterima kasih kepada Tanoto Foundation dan APRIL Group yang telah ikut membantu menyediakan oksigen bagi rumah sakit-rumah sakit di Pulau Jawa yang harus merawat pasien-pasien Covid-19 bergejala berat-kritis. Pandemi ini memang harus dihadapi Bersama, saling bahu membahu dari seluruh stakeholder yang ada, baik pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat,” tuturnya.

Sementara Gubernur Riau Syamsuar yang turut hadir menyaksikan pelepasan bantuan oksigen secara daring juga mengapresiasi kontribusi Tanoto Foundation bersama mitra perusahaannya.

“Terima kasih kepada Tanoto Foundation dan mitra usahanya semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita di pulau Jawa dan sekitarnya. Saya juga sudah meminta perusahaan-perusahaan lain yang ada di Riau agar melakukan hal yang sama guna membantu pasien Covid-19 yang membutuhkan oksigen,” kata Gubri.

Board of Trustee Tanoto Foundation, Anderson Tanoto menyampaikan Tanoto Foundation terpanggil untuk merespon dengan cepat ketika mendapatkan informasi bahwa ketersediaan oksigen bagi rumah sakit-rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 mulai terbatas.

“Oleh karena itu, kami segera melakukan koordinasi untuk secepat mungkin menyalurkan oksigen yang diproduksi oleh pabrik PT RAPP di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau ke pulau Jawa untuk membantu memasok oksigen bagi rumah sakit yang membutuhkan di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” ujarnya.

Anderson juga menyampaikan ungkapan terima kasihnya atas dukungan Pemerintah dalam hal ini Menteri Perindustrian dan Menteri Kesehatan dalam pendistribusian oksigen ke pulau Jawa dalam waktu cepat.

“Atas dukungan pemerintah, dalam waktu kurang dari 36 jam kami dapat segera mengangkut dan mendistribusikan oksigen tersebut ke Pulau Jawa. Semoga oksigen yang kami salurkan ini dapat membantu menyelamatkan para pasien Covid-19 yang harus dirawat di rumah sakit-rumah sakit khususnya di Pulau Jawa,” tutupnya.[aktual]




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved