Heboh Bola Mata Pasien Covid-19 Diambil Tanpa Sepengetahuan Keluarga, Ini Faktanya - Channel Media Berita Central Indonesia

Selasa, 27 Juli 2021

Heboh Bola Mata Pasien Covid-19 Diambil Tanpa Sepengetahuan Keluarga, Ini Faktanya

Heboh Bola Mata Pasien Covid-19 Diambil Tanpa Sepengetahuan Keluarga, Ini Faktanya

Heboh Bola Mata Pasien Covid-19 Diambil Tanpa Sepengetahuan Keluarga, Ini Faktanya


CMBC Indonesia - Sebuah video yang menyajikan informasi soal mata jenazah Covid-19 diambil tanpa sepengetahuan pihak keluarga beredar di media sosia.

Kabar tersebut berawal dari unggahan akun Facebook Toto Bareto Sendal Jepit. Postingannya kini telah disukai sebanyak 16 ribu kali, dikomentari 70 kali, dan disebarkan kembali 102 ribu kali.

Benarkah klaim tersebut?

Berdesarkan penelusuran Turnbackhoax.id - jaringan Suara.com, hoaks ini sudah beredar berulang kali sejak bulan November 2020 lalu dengan klaim yang sama.

Unggahan tersebut memiliki narasi bola mata dari jenazah yang dianggap positif Covid-19.

Dr Shodiq Tjahjono selaku Ketua Pelaksana Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo menyatakan tidak ada pengambilan bola mata dari jenazah itu karena pemulasaran jenazah dengan protokol Covid-19 sudah disaksikan oleh pihak keluarga.

Jenazah tersebut dikonfirmasi positif Covid-19 dan memiliki riwayat stroke dan hipertensi.

Pihak keluarga membuka peti jenazah tersebut karena ibunya ingin melihatnya untuk terakhir kali dan ternyata kondisi jenazah itu mengalami pendarahan yang keluar dari hidung.

Ugas Irwanto selaku Koordinator Penegakan Hukum Satgas Covid-19 menjelaskan bahwa pendarahan tesebut diakibatkan oleh pembuluh darah di bagian kepala yang pecah sehingga menimbulkan pendarahan di sejumlah bagian seperti melalui mata.

Jenazah kemudian dibuka dan dimandikan kembali oleh pihak keluarga.

Kesimpulan

Melihat dari penjelasan tersebut, video mata jenazah pasien Covid-19 diambil tanpa sepengetahuan keluarganya adalah klaim yang tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.(suara)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved