Sertifikat Vaksin Jokowi Beredar, Gus Nadir: Kok Keamanan Data Aplikasi PeduliLindungi Kayak Gini? - Channel Media Berita Central Indonesia

Jumat, 03 September 2021

Sertifikat Vaksin Jokowi Beredar, Gus Nadir: Kok Keamanan Data Aplikasi PeduliLindungi Kayak Gini?

Sertifikat Vaksin Jokowi Beredar, Gus Nadir: Kok Keamanan Data Aplikasi PeduliLindungi Kayak Gini?

Sertifikat Vaksin Jokowi Beredar, Gus Nadir: Kok Keamanan Data Aplikasi PeduliLindungi Kayak Gini?


CMBC Indonesia - Masyarakat mulai mengeluhkan aplikasi Peduli Lindungi kerap mengalami gangguan. Tak hanya itu, keamanan aplikasi besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika itu dipertanyakan.

Terbaru, sertifikat vaksinasi Covid-19 milik Presiden Joko Widodo beredar di media sosial.

Tokoh Nahdatul Ulama, Nadirsyah Hosen pun mengaku heran dengan keamanan data aplikasi yang kini jadi patokan bagi warga yang ingin beraktivitas di luar rumah.

“Luar biasa. Bahkan data Presiden @jokowi pun bisa diakses,” kata Gus Nadir dikutip Fajar.co.id di akun Twitternya, Jumat (3/9/2021).

Dia pun menyentil Menko Polhukam Mahfud MD soal keamanan data aplikasi PeduliLindungi.

“Ini gimana yah Prof Menko @mohmahfudmd kok keamanan data aplikasi PL kayak gini? Ngeri bangeettt,” sebutnya.

Sebelumnya, Kemenkominfo memastikan dugaan insiden kebocoran data pribadi pada aplikasi Kartu Kewaspadaan Kesehatan (Electronic Health Alert Card/eHAC) saat ini sedang ditindaklanjuti.

Kemenkominfo juga memastikan, kebocoran data pribadi ini tidak mempengaruhi keamanan data pada aplikasi eHAC yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

“Dugaan insiden kebocoran data pribadi ini tidak mempengaruhi keamanan data pada aplikasi eHAC yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi, di mana penyimpanan data telah dilakukan di Pusat Data Nasional (PDN),” ujar Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi, Selasa (31/8).

Dedy mengatakan Kemenkominfo segera melakukan investigasi lebih mendalam terhadap dugaan insiden kebocoran data pribadi itu.

Investigasi ini juga sebagai tindaklanjut dari pertemuan antara Kementerian Kesehatan dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam merespon dugaan kebocoran data pribadi tersebut. (fajar)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved