OTK Tembak Pos Polisi hingga Komandan BAIS, Warga Aceh Ketakutan Konflik GAM Bangkit - Channel Media Berita Central Indonesia

Jumat, 29 Oktober 2021

OTK Tembak Pos Polisi hingga Komandan BAIS, Warga Aceh Ketakutan Konflik GAM Bangkit

OTK Tembak Pos Polisi hingga Komandan BAIS, Warga Aceh Ketakutan Konflik GAM Bangkit

OTK Tembak Pos Polisi hingga Komandan BAIS, Warga Aceh Ketakutan Konflik GAM Bangkit

CMBC Indonesia - Penyerangan yang dilakukan orang tak dikenal (OTK) di pos polisi Aceh membuat warga sekitar ketakutan lantaran trauma dengan konflik yang beberapa dekade lalu sempat terjadi di wilayah Aceh.

Sebagaimana diketahui, warga Aceh sempat merasakan pahitnya konflik yang terjadi di wilayahnya pada tahun 1976 hingga 2005. Dari peristiwa itu setidaknya hampir 15.000 orang jadi korban jiwa.

Gerakan Aceh Merdeka atau GAM adalah gerakan separatisme bersenjata yng bertujuan agar Aceh terlepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). GAM dibentuk pada 4 Desember 1976 dan dipimpin oleh Hasan di Tirto.

Konflik yang terjadi di Aceh disebabkan oleh beberapa hal, yaitu perbedaan pendapat tentang hukum Islam, ketidakpuasan atas distribusi sumber daya alam Aceh, dan peningkatan jumlah orang Jawa di Aceh.

Pos polisi diserang, warga trauma konflik GAM

Baru-baru ini pos polisi di Aceh Barat diserang oleh OTK secara membabi buta.

Peristiwa yang terjadi pada dini hari pukul 03.15 WIB, Kamis, 28 Oktober 2021 ini membuat warga yang tinggal di sekitar pos polisi mengaku trauma.

Penyerangan diduga dilakukan dengan menggunakan senjata laras panjang jenis AK-47, dan M-16, serta SS1.

Meski tak ada warga sekitar yang menjadi korban jiwa maupun korban luka, dikabarkan bodi mobil milik seorang warga yang berada dekat dengan Pospol ikut diberondong peluru.

“Saat letusan senjata, saya dan keluarga ikut terbangun karena besarnya suara tembakan,” ujar Arsyad, warga Manggie, Kecamatan Panton Reu menyitat Serambinews.com, Jumat, 28 Oktober 2021.

Arsyad mengaku dari peristiwa itu turut menderita kerugian lantaran mobil kesayanganya turut jadi sasaran peluru panas dari OTK.

Pria berusia 32 tahun ini lantas mengaku masih merasa trauma karena seakan-akan telah terjadi konflik lagi di Aceh, sebagaimana yang terjadi beberapa tahun lalu.

Terlebih belakangan ini, kata Arsyad, masih ada sejumlah pihak yang melakukan penyerangan dengan senjata api.

“Sebab masih ada pihak yang melakukan penyerangan dengan menggunakan senjata api,” ulasnya.

Selain mengenai mobil milik warga, puluhan peluru yang dilepaskan juga mengenai dinding tembok pos polisi bahkan sebagian peluru menembus jendela hingga mengenai TV yang ada di dalam pos tersebut.

Komandan Tim BAIS ditembak
Pasca terjadi penembakan di pos polisi Aceh Barat, Komandan Tim (Dantim) Badan Intelijen Strategis (Bais) Pidie, Kapten Abdul Majid dikabarkan ditembak oleh orang tak dikenal (OTK) pada sore hari.

Aksi penembakan tersebut terjadi sekitar pukul 17.15 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Akibat penembakan tersebut, perwira pertama TNI warga Batuphat Barat, Kecamatan Muarara Satu, Kota Lhoksumawe tersebut, dikabarkan meninggal dunia.

Penembakan itu sendiri terjadi di kawasan Jalan Lhok Krincong, Gampong Lhok panah, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie.

Dari informasi yang diterima, penembakan terhadap anggota TNI oleh OTK ini, kini sudah beredar di banyak grup aplikasi pesan singkat WhatsApp (WA).

Ketika insiden penembakan itu terjadi, korban diketahui sedang mengemudi sebuah mobil Toyota Fortuner warna putih dengan nomor polisi BL 1598 NH ke arah TKP.

Kemudian sekitar pukul 17.15 WIB terdengar suara letusan senjata api (senpi) sebanyak satu kali.

Pada saat itu, seorang saksi yang diketahui bernama Syarwan sedang mengendarai sepeda motor bersama istrinya diberhentikan oleh teman korban, untuk meminta pertolongan membawa korban.

Korban pun dinaikan ke sepeda motor ke arah perumahan penduduk Gampong Lhok Panah, untuk di bawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sigli.

Kendati begitu, nyawa korban tak tertolong lagi akibat ada luka tembak di bagian perut. [hops]




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved