Sempat Unggah Foto Hoax Tol Cisumdawu, Tjahjo: Yang Posting Admin Saya - Channel Media Berita Central Indonesia

Rabu, 13 Oktober 2021

Sempat Unggah Foto Hoax Tol Cisumdawu, Tjahjo: Yang Posting Admin Saya

Sempat Unggah Foto Hoax Tol Cisumdawu, Tjahjo: Yang Posting Admin Saya

Sempat Unggah Foto Hoax Tol Cisumdawu, Tjahjo: Yang Posting Admin Saya


CMBC Indonesia - MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menjelaskan perihal insiden salah posting foto hoax 'Jalan Tol Cisumdawu' yang sempat dilakukannya beberapa waktu lalu. 

Tjahjo menjelaskan, foto yang telah dilabeli sebagai disinformasi oleh Kominfo itu diposting oleh admin pribadinya.

"Saya tengah malem itu dikirimi itu (foto Jalan Tol Cisumdawu, red), mungkin admin langsung kirim sama gambar (ke Twitter), itu kan gambar (jalan Tol) bagus," kata Tjahjo usai mengisi seminar di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (12/10/2021).

Tjahjo mengira jalan Tol dalam foto tersebut merupakan Tol Cisumdawu bagian dari Tol Trans Jawa. Sebab, foto tersebut mirip dengan jalan tol yang ada di Semarang, Jawa Tengah.

Politikus PDIP itu pun mengaku lalai tak mengecek terlebih dahulu kebenaran foto tersebut.

"(Memposting karena gambar bagus) Iya, karena saya habis dari Semarang bawa mobil, lewat situ ya mirip-mirip," kata dia.

Meski yang memposting foto hoax tersebut adalah admin pribadinya, Tjahjo tetap merasa bertanggung jawab dan meminta maaf.

"Karena saya kan habis perjalanan dari Jakarta ke Semarang lewat jalan tol, pikiran kita itu tol itu (Cisumdawu). Yang posting admin saya ya, tapi saya tetep salah lah. Admin tanggung jawab saya, saya sudah minta maaf dan saya hapus," ujar Tjahjo.

Postingan foto tol itu pun sudah dihapus oleh Tjahjo. Dia mengaku mendapatkan foto tersebut dari seorang teman.

"(Dapat foto) dari teman," imbuhnya.

Tjahjo Minta Maaf

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo juga telah meminta maaf lantaran sempat memposting foto hoax 'Jalan Tol Cisumdawu.

"Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah bukan di Jabar (saya dapat informasi salah) trims perhatiannya- tjahjokumolo," tulis Tjahjo melalui akun Twitter-nya, Minggu (10/10).

Postingan yang dimaksud Tjahjo adalah foto jalan tol yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu. Dalam postingan yang sudah dihapusnya itu, terselip informasi:

Jalan tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU (CILEUNYI - SUMEDANG - DAWUAN), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung <> Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung <> Semarang hanya 3,5 jam.

Kominfo sudah melabeli foto yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu tersebut sebagai disinformasi.

"Akun dengan nama Emak-emak Cyber Army memposting sebuah foto dengan narasi 'Penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, 60 km, yang memangkas dan menerobos bukit'. Sebelumnya gambar tersebut diklaim sebagai jalanan yang ada di India," tulis Kominfo melalui situsnya.

Dijelaskan, foto yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu tersebut bukanlah di Indonesia, melainkan di Turki.(detik)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved