Jokowi Bingung, RI Produsen Baja Tapi Impornya Segunung - Channel Media Berita Central Indonesia


Kamis, 13 Februari 2020

Jokowi Bingung, RI Produsen Baja Tapi Impornya Segunung

Jokowi Bingung, RI Produsen Baja Tapi Impornya Segunung



CMBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan sebuah data yang mengagetkan. Indonesia merupakan importir baja terbesar yang masuk nomor 3 dalam daftar barang impor terbanyak.

"Kita tahu industri baja dan besi merupakan industri strategis nasional yang kita pakai mendukung pembangunan infrastruktur," kata Jokowi di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

"Dan data yang saya miliki, impor baja sudah masuk ke peringkat 3 besar impor negara kita. Ini tentu saja menjadi salah satu sumber utama defisit neraca perdagangan kita, defisit transaksi berjalan kita. Apalagi baja impor tersebut kita sudah bisa produksi di dalam negeri."

Jokowi mengatakan, utilitas pabrik baja dalam negeri sangat rendah. Oleh sebab itu, industri baja dalam negeri menjadi terganggu.

"Ini tidak dapat kita biarkan terus. Kita perlu segera mendorong industri baja dan besi makin kompetitif," tegasnya.

Menurut Jokowi, kapasitas produksi baja harus ditingkatkan agar makin optimal. Selain itu perbaikan manajemen korporasi, pembaharuan teknologi permesinan, terutama di BUMN industri baja harus terus dilakukan.

"Laporan yang saya terima, industri baja dan besi terkendala oleh bahan baku yang masih kurang," terangnya.

"Terdapat 3 hal utama yang harus kita lakukan untuk meningkatkan ketersediaan bahan baku ke industri baja dan besi. Yang pertama perbaiki ekosistem penyediaan bahan baku industri baja dan besi mulai dari ketersediaan dan kestabilan harga bahan baku sampai pada komponen harga gas Yang juga perlu dilihat secara detail."

Kemudian, sambung Presiden, bahan baku dari hasil tambang nasional juga perlu diprioritaskan sehingga dapat meningkatkan nilai tambah di dalam negeri, bukan hanya untuk mengurangi impor tetapi juga bisa membuka lapangan kerja.

"Di samping itu saya juga minta dikaji secara cermat, beberapa regulasi yang mengatur mengenai importase, yang tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan hidup." [cnbc]




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved