Bila Pemerintah Tak Mampu, Biarkan Rakyat Lindungi Dirinya Sendiri - Channel Media Berita Central Indonesia


Senin, 23 Maret 2020

Bila Pemerintah Tak Mampu, Biarkan Rakyat Lindungi Dirinya Sendiri

Bila Pemerintah Tak Mampu, Biarkan Rakyat Lindungi Dirinya Sendiri



Bila Pemerintah Tak Mampu, Biarkan Rakyat Lindungi Dirinya Sendiri
CMBC Indonesia - Masifnya penyebaran virus corona di Indonesia membuat sejumlah anggota dewan mendesak pemerintah untuk bekerja cepat dalam menangani, mencegah, serta mengantisipasi meluasnya Covid-19 ini. Bila pemerintah memang tak mampu, biarkan rakyat melindungi dirinya sendiri.

Dalam pandangan anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Adian Napitupulu, menangani virus corona bukan seperti menangani bencana alam seperti tsunami dan gempa bumi. Untuk menangani virus corona pemerintah harus melibatkan rakyat untuk mendapatkan alat-alat kesehatan.

“Ketika melawan corona menjadi gerakan rakyat di mana 'senjata' untuk melindungi diri bisa didapat dengan murah dan mudah, bisa jadi virus corona akan frustrasi massal. Karena setiap orang di manapun sudah pakai masker, tangannya terbungkus sarung tangan latex, badannya terbungkus APD, sanitizer ada di pintu masuk rumah, di dapur, di kantor desa, di kampus, di sekolah, di wc umum, di mana mana ada,” ucap Adian lewat keterangannya, Senin (23/3).

Adian memahami bahwa uang negara sangat terbatas, juga keberadaan aparatur sipil negara. Kondisi makin rumit karena ada krisis ekonomi global akibat adanya wabah virus corona ini.

“Dengan seluruh keterbatasan dan situasi krisis sepertinya mustahil negara sanggup menjadi super hero yang mampu melindungi seluruh rakyatnya dengan baik dan sempurna,” ujar Adian.

Menurutnya, jika negara tidak mampu melindungi rakyatnya, Adian meminta pemerintah beri peluang agar rakyat bisa melindungi dirinya sendiri. Caranya dengan tidak mempersulit masuknya alat-alat kesehatan dan medis yang dibutuhkan rakyat.

“Caranya dengan membuka impor alat-alat medis itu semudah mungkin, bea dan pajak semurah mungkin. Biarkan rakyat menjual ayamnya, memecah tabungannya, urunan bergotong royong melawan bersama, untuk kesehatan bersama, untuk kehidupan bersama, dan untuk kemenangan Indonesia melawan Corona,” tutupnya. (Rmol)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved