Saleh Daulay Minta Sejarawan Koreksi Artikel tentang PKI di Wikipedia karena Diduga Melenceng - Channel Media Berita Central Indonesia

Kamis, 04 Juni 2020

Saleh Daulay Minta Sejarawan Koreksi Artikel tentang PKI di Wikipedia karena Diduga Melenceng

Saleh Daulay Minta Sejarawan Koreksi Artikel tentang PKI di Wikipedia karena Diduga Melenceng

Saleh Daulay Minta Sejarawan Koreksi Artikel tentang PKI di Wikipedia karena Diduga Melenceng

CMBC Indonesia - Fakta sejarah peristiwa G30S/PKI kembali menjadi perhatian. Dalam artikel di Wikipedia dengan judul: “Pembantaian di Indonesia 1965-1966” memberi kesan bahwa PKI-lah yang menjadi korban pembantaian. Bukankah ini sebuah upaya memutarbalikkan sejaah untuk mengaburkan fakta terkait kekerasan yang dilakukan oleh PKI di Indonesia?

Anggota DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partonan Daulay, ikut memperhatikan masalah ini. Dia meminta sejarawan segera mengoreksi artikel tersebut. Tujuannya, agar tidak terjadi pengaburan sejarah terkait peristiwa berdarah G30S/PKI.

“Saya mengimbau agar para sejarawan kita membaca kembali artikel yang dianggap melenceng tersebut. Jika memang terbukti ada kesalahan, saya mendorong agar dilakukan perbaikan. Yang perlu dicatat adalah bahwa sampai hari ini PKI adalah partai terlarang di Indonesia. Agar tidak ada pengaburan, setiap sejarah tentang partai itu harus dipastikan kebenarannya,” ucap Saleh, Rabu (3/6).

Saleh menjelaskan, Wikipedia adalah ensiklopedia bebas. Artinya, siapa pun boleh menulis dan merubah artikel yang ada di dalamnya. Tentu saja tetap diawasi oleh redaktur internal.

“Karena prinsipnya yang bebas, tidak tertutup kemungkinan orang akan menulis terkait sejarah. Termasuk sejarah PKI di Indonesia. Isu ini memang sangat sensitif. Karena itu, penulisannya harus betul-betul diawasi agar tidak terjadi pengaburan sejarah,” ucap dia.

Dalam artikel terebut ditulis jika pembantaian di Indonesia 1965–1966 adalah peristiwa pembantaian terhadap orang-orang yang dituduh komunis di Indonesia pada masa setelah terjadinya Gerakan 30 September (G30S/PKI) di Indonesia. Diperkirakan lebih dari setengah juta orang dibantai dan lebih dari satu juta orang dipenjara dalam peristiwa tersebut. (*)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved