Akun Dokter Pengkritik Penanganan Corona Dihack & Diisi Konten M*sum, Goenawan Mohamad: Permainan Kotor! - Channel Media Berita Central Indonesia

Jumat, 21 Agustus 2020

Akun Dokter Pengkritik Penanganan Corona Dihack & Diisi Konten M*sum, Goenawan Mohamad: Permainan Kotor!

Akun Dokter Pengkritik Penanganan Corona Dihack & Diisi Konten M*sum, Goenawan Mohamad: Permainan Kotor!

Akun Dokter Pengkritik Penanganan Corona Dihack & Diisi Konten M*sum, Goenawan Mohamad: Permainan Kotor!
CMBC Indonesia - Beberapa waktu yang lalu, akun Twitter @drpriono milik pakar epidemiologi dari Universitas Indonesia Pandu Riono dibajak dan diisi dengan konten mesum.

Pandu Riono merupakan ahli wabah yang selama ini sering mengkritisi kebijakan pemerintah menyangkut penanganan Covid-19.

Peretasan terhadap akun dokter Pandu Riono menarik perhatian banyak kalangan karena menjadi semacam simbol betapa orang yang kritis di negeri ini dalam posisi rawan.

Bukan kali ini saja tokoh-tokoh yang sering melontarkan kritik pernah mengalami hal yang sama dengan Pandu Riono.

Kolumnis Goenawan Mohamad melalui akun Twitter @gm_gm menyesalkan perbuatan tersebut. Dia menyebut perbuatan tersebut sebagai permainan kotor.

"Akun Twitter Dr. Pandu Riono, pakar epidemologi dibajak dan diisi dengan cerita mesum. Diketahui Pandu berani mempertanyakan kualitas obat Covid-19 yang dihasilkan tim Unair + TNI-AD + BIN. Sangat disesalkan, soal yang menyangkut keselamatan rakyat banyak ini jadi permainan kotor," katan GM dalam Twitternya.

Pernyataan lebih keras atas pembajakan terhadap akun media sosial milik ilmuwan tersebut disampaikan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Mohamad Sohibul Iman melalui akun Twitter @msi_sohibuliman. Dia menyebut hal itu sebagai sebuah bencana dan perbuatan tidak beradab.

"Penguasa yang kecanduan mencap orang-orang yang kritis sebagai lawan politik (bukan mitra demokrasi) maka ilmuwan kritis pun dianggap lawan, lalu dijatuhkan reputasinya dengan cara-cara tidak beradab. Ini bencana. Semoga kita semua mau dan bisa menyetop keterlanjuran ini," kata Sohibul.

Politikus Partai Demokrat Jansen Sitindaon telah membaca pandangan-pandangan Pandu Riono yang disampaikan lewat media sosial dan menyebutnya sebagai penyeimbang opini.

Pendapat-pendapat Pandu Riono, menurut Jansen, didasarkan pada kepakaran dan sangat dibutuhkan sekarang ini.

"Saya tak kenal Pandu Riono. Tapi membaca twit dan pendapat-pendapatnya, kita malah butuh suaranya yang berbeda itu. Apalagi dibarengi dasar keilmuwan kuat. Tak ada alasan membungkamnya dengan cara-cara kotor begini. Lawan kita itu Covid. Bukan kebebasan berpendapat. Bersuaralah terus pak doktor!" kata Jansen melalui akun Twitter @jansen_jsp.

"Saya, kita semua termasuk otoritas dan pemerintah harusnya terimakasih atas tiap masukannya. Karena pandangan dan suara dari siapapun epidemolog sangat kita butuhkan dimasa pendemi ini. Jika ada beda pendapat dan kritis, sanggah! bukan di hack. Jika ilmuwan dibungkam yang ada kegelapan," Jansen menambahkan.

Di antara tokoh yang sering mengkritik di negeri ini adalah Ahmad Dhani, seorang musikus yang sekarang menjadi politikus Partai Gerindra.

Menurut salah satu petinggi partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu, Fadli Zon, pelaku pembajakan akun Twitter Pandu Riono bisa jadi sama dengan pelaku yang pernah membajak akun  Ahmad Dhani. []




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved