Hadi Pranoto Ngaku Temukan Obat Corona, Politikus PKS: Jangan Sebarkan Klaim Soal Obat Demi Clickbait - Channel Media Berita Central Indonesia

Rabu, 05 Agustus 2020

Hadi Pranoto Ngaku Temukan Obat Corona, Politikus PKS: Jangan Sebarkan Klaim Soal Obat Demi Clickbait

Hadi Pranoto Ngaku Temukan Obat Corona, Politikus PKS: Jangan Sebarkan Klaim Soal Obat Demi Clickbait

Hadi Pranoto Ngaku Temukan Obat Corona, Politikus PKS: Jangan Sebarkan Klaim Soal Obat Demi Clickbait
CMBC Indonesia - Pengakuan seorang ahli mikrobiologi, Profesor Hadi Pranoto, telah menemukan obat corona yang disampaikan melalui channel YouTube milik Anji Drive bikin heboh masyarakat. Dia mengklaim obat hasil penemuannya itu ampuh mengobati pasien Covid-19.

Akan tetapi, klaim Hadi Pranoto dianggap terlalu dini. Menurut anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati, obat yang ditemukan oleh Hadi Pranoto seharusnya dilakukan uji klinis untuk kemudian dilaporkan kepada BPOM agar masyarakat bisa menggunakan.

“Semuanya yang mengklaim obat/penangkal, baik herbal maupun medis, harus melalui uji klinis sesuai dengan standar dan dalam pengawasan lembaga berwenang,” kata Kurniasih kepada wartawan, Selasa (4/8).

Namun, lanjut Kurniasih, jika temuan obat tersebut semata-mata untuk mendongkrak popularitas, politikus PKS ini meminta agar pihak-pihak tertentu tidak menggunakan istilah 'menemukan obat corona' hanya sekadar untuk mencari sensasi.

“Kemudian, dari sisi komunikasi, sebaiknya jangan hanya menyebarkan aspek marketing atau clickbait dengan klaim sebutan obat penangkal apalagi vaksin,” paparnya.

Pihaknya justru meminta masyarakat bahu membahu membantu pemerintah untuk memberikan informasi yang tidak simpang siur. Komunikasi, informasi, dan edukasi tentang penanganan Covid-19 sebaiknya dilakukan secara transparan, terbuka.

Kurniasih juga mengingatkan, bahwa tentang obat dan makanan hendaknya teruji juga berbasis riset dan tetap di bawah pengawasam BPOM agar masyarakat tetap terlindungi.

Mari kita saling jaga kesehatan keluarga, kerabat, lingkungan sekitar dan masyarakat agar menjaga imunitas diri dan disiplin terhadap protokol kesehatan untuk menekan angka penularan Covid-19,” tandasnya. (Rmol)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved