Dapat Isyarat Mimpi, Warga Bondowoso Temukan Sumur dan Benda Peninggalan Majapahit - Channel Media Berita Central Indonesia

Senin, 21 September 2020

Dapat Isyarat Mimpi, Warga Bondowoso Temukan Sumur dan Benda Peninggalan Majapahit

Dapat Isyarat Mimpi, Warga Bondowoso Temukan Sumur dan Benda Peninggalan Majapahit

Dapat Isyarat Mimpi, Warga Bondowoso Temukan Sumur dan Benda Peninggalan Majapahit
CMBC Indonesia -  Benda-benda kuno dan struktur dinding diperkirakan peninggalan zaman Majapahit ditemukan. Konon, penemuan tersebut diilhami petunjuk mimpi.
"Malam sebelumnya, istri saya memang bermimpi didatangi seorang kakek tua misterius," tutur Abdul Ghani, pemilik rumah tempat ditemukan sumur peninggalan sejarah tersebut, kepada wartawan, Jumat (18/9/2020).

Warga Desa Alas Sumur, Pujer, ini menuturkan, dalam mimpi itu sang istri diberi petunjuk jika ada sumber air di samping kanan rumahnya. Keesokan harinya ia pun menggali tanah persis di samping dinding rumahnya. Sesuai petunjuk mimpi itu.

"Sebelumnya, saya memang sudah punya rencana untuk menggali sumur. Tapi bukan di tempat tersebut," tutur Ghani.

Keruan saja, penggalian sumur itu sempat diingatkan para tetangga. Termasuk kepala desa setempat. Karena sangat berisiko. Jika digali sangat dalam, struktur tanah menjadi rapuh dan dikhawatirkan dapat merobohkan rumahnya.

Namun setelah terus dilakukan penggalian, malah ditemukan benda-benda kuno. Di antaranya batu bata merah dengan corak garis melengkung dan lurus, fragmen porselen (keramik) bermacam warna. Ada juga kerangka tulang, yang belum diketahui tulang apa.

Tak hanya itu. Sebuah lubang besar juga terdapat di sebelah barat dinding sumur. Lobang itu seukuran orang dewasa masuk dengan cara merangkak. Kendati Ghani tak berani masuk. Ia hanya melihat dari bibir lubang itu.

Sebelumnya benda-benda bersejarah diperkirakan peninggalan zaman Majapahit ditemukan di Desa Alas Sumur, Pujer, Bondowoso. Dari strukturnya, tempat tersebut diperkirakan merupakan permukiman.

Berdasarkan temuan dari tim BPCB Trowulan, struktur yang ditemukan tersebut mengindikasikan sebuah permukiman yang cukup besar di zaman itu.(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved