Diam-diam Akui Kemenangan Demokrat, Sejumlah Republikan Minta Trump Ijinkan Biden Terima Pengarahan Gedung Putih - Channel Media Berita Central Indonesia

Jumat, 13 November 2020

Diam-diam Akui Kemenangan Demokrat, Sejumlah Republikan Minta Trump Ijinkan Biden Terima Pengarahan Gedung Putih

Diam-diam Akui Kemenangan Demokrat, Sejumlah Republikan Minta Trump Ijinkan Biden Terima Pengarahan Gedung Putih

Diam-diam Akui Kemenangan Demokrat, Sejumlah Republikan Minta Trump Ijinkan Biden Terima Pengarahan Gedung Putih

CMBC Indonesia - Hingga detik ini Presiden Donald Trump belum bersedia mengaku kalah atas saingannya dalam pilpres AS. Ini menyebabkan proses transisi kepemimpinan Gedung Putih menemui jalan buntu.

Sebagian besar pejabat dan anggota parlemen Republik telah  secara terbuka mendukung upaya Trump untuk membatalkan hasil pemilu melalui serangkaian tuntutan hukum yang diajukan di masing-masing negara bagian, menyusul klaim tak berdasar presiden atas kecurangan pemungutan suara yang meluas.



Meskipun demikian, sejumlah anggota parlemen Republik nampaknya telah berpikir realistis dalam pengakuan diam-diam mereka bahwa Demokrat akan segera menduduki Gedung Putih. Mereka mendesak pemerintahan Trump agar segera memberikan  ijin kepada Biden untuk menerima pengarahan intelijen.

Sementara itu, Biden telah bergerak maju dengan pekerjaan mempersiapkan pemerintahan, dan berbicara dengan Paus Francis ketika sesama Demokrat di Kongres mengecam ‘shenanigans’ (trik kotor) pemilihan Partai Republik dan mendesak tindakan terhadap pandemi virus corona.

Meskipun beberapa negara bagian yang masih menghitung surat suara, Biden telah memenangkan cukup banyak negara bagian di medan pertempuran pemilihan untuk melampaui 270 suara elektoral yang diperlukan di Electoral College negara bagian yang menentukan presiden berikutnya. Biden juga memenangkan suara populer dengan lebih dari 5,2 juta suara, atau 3,4 poin persentase.

Semakin banyak senator Republik, termasuk John Cornyn, Ron Johnson, James Lankford, Chuck Grassley, dan Lindsey Graham, mendesak pemerintahan Trump untuk mengizinkan Biden mengakses briefing intelijen harian presiden.

Presiden terpilih secara tradisional menerima pengarahan seperti itu dari komunitas intelijen untuk mempelajari ancaman yang dihadapi Amerika Serikat sebelum menjabat.

“Saya tidak melihatnya sebagai proposisi berisiko tinggi. Saya hanya berpikir itu bagian dari transisi. Dan, eh, jika pada akhirnya dia benar-benar menang, saya pikir mereka harus mampu untuk mulai bekerja,” kata Cornyn kepada wartawan, seperti dikutip dari AFP, Jumat (13/11).

Meskipun demikian, dia tetap menolak mengatakan bahwa Biden menang.

Ketika wartawan bertanya kepada Graham, seorang pembela Trump yang vokal, apakah pengarahan itu harus dilanjutkan, dia menjawab, "Saya kira begitu, ya."

Sementar itu anggota DPR dari Partai Republik, Kevin McCarthy, menentang gagasan itu.

“Dia bukan presiden sekarang. Saya tidak tahu apakah dia akan menjadi presiden pada 20 Januari,” kata McCarthy, seraya menolak untuk mengakui kekalahan Trump.

Dua Demokrat papan atas di Kongres, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Nancy Pelosi dan Pemimpin Demokrat Senat Chuck Schumer, pada hari Kamis (12/11) mengecam penolakan pemerintahan Trump untuk terlibat dengan tim transisi Biden.

Para pemimpin Demokrat juga mendesak Partai Republik untuk bergabung dengan mereka dalam mengesahkan undang-undang untuk mengatasi pandemi dan menopang ekonomi yang terpukul.

“Partai Republik harus menghentikan kejahatan mereka tentang pemilihan yang telah hilang dari Presiden Trump dan memusatkan perhatian mereka pada masalah yang sedang dihadapi, memberikan bantuan kepada negara yang hidup melalui krisis kesehatan dan ekonomi Covid,” kata Schumer.

Biden, yang akan menjadi presiden Katolik Roma AS pertama sejak John Kennedy pada 1960-an, berbicara dengan paus pada hari Kamis, berterima kasih atas “berkat dan selamatnya”, kata tim transisinya.

Biden mengatakan kepada Paus bahwa dia ingin bekerja sama dalam berbagai masalah termasuk merawat orang miskin, menangani perubahan iklim, dan menyambut imigran dan pengungsi, katanya.

Biden telah memusatkan perhatian pada perencanaan pemerintahannya, dengan perhatian diharapkan beralih ke pilihannya untuk posisi-posisi kunci Kabinet sebelum menjabat. Timnya mengatakan Biden bertemu dengan penasihat transisi pada hari Kamis di Delaware.

Dia menunjuk penasihat lama Ron Klain pada hari Rabu (11/11) sebagai kepala staf Gedung Putih, sebuah pengangkatan besar pertamanya. Klain diperkirakan akan mengambil peran utama dalam tanggapan Biden terhadap pandemi yang semakin meningkat yang telah menewaskan lebih dari 242 ribu orang Amerika, dengan rekor 142 ribu kasus Covid-19 baru yang terdaftar pada hari Rabu.

Pada hari Kamis, pejabat Pennsylvania meminta hakim federal untuk mengeluarkan gugatan Trump yang berusaha memblokir negara bagian untuk mengesahkan hasilnya. Biden memimpin Trump di swing state dengan lebih dari 53.000 suara.

Tim Kampanye Trump telah mengajukan beberapa tuntutan hukum yang menantang penghitungan suara di masing-masing negara bagian. Pakar hukum mengatakan litigasi hanya memiliki sedikit peluang untuk mengubah hasil, dan pejabat pemilihan negara bagian mengatakan mereka tidak melihat bukti penyimpangan atau penipuan serius.

Sebagai tanda melemahnya dukungan upaya Trump untuk mengklaim penipuan pemilu yang meluas, Gubernur Ohio Mike DeWine, seorang Republikan yang mendukung Trump, pada hari Kamis mengatakan kepada CNN “kita perlu mempertimbangkan mantan wakil presiden sebagai presiden terpilih.”

The Las Vegas Review-Journal, yang dimiliki oleh donor utama Partai Republik Sheldon Adelson, menjalankan editorial yang mengatakan Trump “berusaha untuk menunda yang tak terelakkan.”

“Tidak ada bukti bahwa penipuan merugikan Trump dalam pemilihan, tidak peduli seberapa banyak presiden men-tweet kebalikannya dan pendukungnya menginginkannya,” kata editorial itu.

Karl Rove, wakil kepala staf Gedung Putih untuk mantan Presiden Republik George W. Bush, menulis di Wall Street Journal bahwa “setelah hari-harinya di pengadilan berakhir, presiden harus melakukan bagiannya untuk mempersatukan negara dengan memimpin transisi damai dan membiarkan keluhan pergi.” (RMOL)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved