Putin Akhirnya Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS - Channel Media Berita Central Indonesia

Rabu, 16 Desember 2020

Putin Akhirnya Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS

Putin Akhirnya Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS

Putin Akhirnya Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS

CMBC Indonesia - Presiden Rusia, Vladimir Putin menyampaikan selamat kepada Joe Biden atas kemenangannya dalam Pilpres AS, setelah Biden dinyatakan menang oleh Electoral College. Demikian pernyataan Kremlin pada Selasa.

Sebelumnya Kremlin mengatakan pihaknya akan menunggu hasil resmi sebelum menyampaikan selamat atau mengomentari hasil pilpres, walaupun sejumlah negara telah menyampaikan selamat setelah pemilihan 3 November.

"Bagi saya, saya siap untuk interaksi dan kontak dengan Anda," ujar Putin, dikutip dari Al Arabiya, Rabu (16/12).

"Putin harap presiden terpilih sukses dan mengungkapkan kepercayadirian bahwa Rusia dan AS, yang memiliki tanggung jawab khusus untuk keamanan dan stabilitas global, bisa, kendati banyak perbedaaan mereka, sangat membantu mengatasi banyak masalah dan tantangan yang dihadapi dunia," pungkasnya.

California, negara bagian paling padat di AS, mengumumkan 55 suara elektoralnya untuk Joe Biden pada Senin sore, secara resmi menjadikan mantan wakil presiden itu mendapatkan lebih dari 270 suara elektoral yang diperlukan untuk mengamankan kursi kepresidenan.

Berdasarkan hasil pemilihan November, Biden mendapatkan 306 suara Electoral College, sementara lawannya, capres petahana Donald Trump mendapatkan 232.

Biden akan dilantik pada 20 Januari mendatang, bersama wakil presiden terpilih, Kamala Harris. Setelah menjabat, Biden menghadapi tugas yang menantang untuk memerangi pandemi virus corona, menghidupkan kembali ekonomi AS, dan membangun kembali hubungan yang rusak dengan sekutu AS di luar negeri akibat kebijakan "America First" Trump.[mdk]




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved