Sri Mulyani Wanti-wanti Ekonomi RI Masih Dikejar 'Hantu' 2021 - Channel Media Berita Central Indonesia

Rabu, 23 Desember 2020

Sri Mulyani Wanti-wanti Ekonomi RI Masih Dikejar 'Hantu' 2021

Sri Mulyani Wanti-wanti Ekonomi RI Masih Dikejar 'Hantu' 2021

Sri Mulyani Wanti-wanti Ekonomi RI Masih Dikejar 'Hantu' 2021


CMBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemulihan ekonomi nasional di tahun 2021 masih memiliki tantangan besar. Salah satu tantangan tersebut adalah pandemi COVID-19 yang sampai saat ini masih belum terselesaikan.

Tidak hanya bagi Indonesia, semua negara di dunia pun sedang berjuang menyelesaikan penyebaran COVID-19. COVID-19 masih menjadi faktor ketidakpastian alias 'hantu' pemulihan ekonomi di tahun 2021.

"Tahun depan (pertumbuhan ekonomi) akan rebound meski tentu masih dihantui COVID-19," kata Sri Mulyani dalam acara Outlook Perekonomian: Meraih Peluang Pemulihan Ekonomi di 2021, Selasa (22/12/2020).


Sri Mulyani mengatakan pandemi Corona berhasil membuat perekonomian dunia terkontraksi dalam pada tahun 2020. Kebijakan masing-masing negara yang terdampak termasuk Indonesia pun sudah berhasil menekan dampak tersebut sehingga perekonomiannya sudah berada di tren pembalikan menuju zona positif.


Sri Mulyani mengungkapkan vaksin menjadi salah satu kunci pemulihan ekonomi yang selama ini terdampak COVID-19.

"Vaksin diharapkan bisa efektif mengembalikan kegiatan fisik yang menghasilkan kegiatan ekonomi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dunia," ujarnya.

Perekonomian Indonesia, dikatakan Sri Mulyani ditarget tumbuh pada level 4% sampai 5% pada tahun 2021. Selain vaksin, pemerintah Indonesia sudah menyiapkan banyak strategi yang tertuang dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Tidak hanya itu, dari sisi moneter dan keuangan pun pemerintah terus berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam program pemulihan ekonomi nasional.


Selanjutnya, pemerintah juga berharap implementasi UU Cipta Kerja bisa menjadi instrumen percepatan pemulihan ekonom nasional di tahun 2021. Dengan begitu, faktor ketidakpastian atau 'hantu' COVID-19 bisa ditekan pemerintah melalui berbagai strategi yang sudah disiapkan.

"Ini tantangan sulit dan harus kita atasi. Vaksin salah satu solusinya untuk mobilitas masyarakat bisa kembali bergerak dan akan memulihkan ekonomi," ungkap Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved