HNW Sindir Risma: Warga Surabaya Banyak di Kolong Jembatan - Channel Media Berita Central Indonesia

Kamis, 07 Januari 2021

HNW Sindir Risma: Warga Surabaya Banyak di Kolong Jembatan

HNW Sindir Risma: Warga Surabaya Banyak di Kolong Jembatan

HNW Sindir Risma: Warga Surabaya Banyak di Kolong Jembatan

CMBC Indonesia - Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid menyatakan masyarakat yang tinggal di kolong jembatan masih sangat banyak ditemukan di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Dia bicara demikian menanggapi gelagat eks Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang rajin menemui pemulung dan pengemis di Jakarta usai didapuk menjadi Menteri Sosial.

"Kalau beliau datang ke Jakarta dan kemudian datang ke kolong dan sebagainya, ternyata di Surabaya masih banyak sekali atau masih banyak yang begitu. Apakah beliau sedang kangen-kangenan dengan Surabaya sehingga di Jakarta ke kolong juga?" imbuhnya kepada CNNIndonesia.com, Selasa (5/1).

HNW juga merespons anggapan publik bahwa Risma tengah melakukan pencitraan. Menurutnya, asumsi itu wajar muncul karena masyarakat juga suka membandingkan.

"Itu bagian dari reaksi publik. Beliau yang sudah lama di Surabaya juga tentu paham bahwa rakyat punya hak menyuarakan apa yang ada dalam pikiran mereka, karena rakyat juga membandingkan," kata HNW kepada CNNIndonesia.com, Selasa (5/1).

Anggota Komisi VIII DPR RI itu lalu meminta Risma fokus untuk menyelesaikan dua masalah utama di Kemensos saat ini.

Pertama, menurutnya, Risma harus membenahi data tentang calon penerima bantuan sosial (bansos) tunai yang baru diluncurkan Jokowi. Menurutnya, data tersebut harus segera divalidasi dan diverifikasi karena banyak yang bermasalah.

"Seharusnya beliau konsentrasi di situ supaya tidak terjadi pengulangan terjadi korupsi akibat data yang tidak valid," kata HNW.

Selanjutnya, menurutnya, Risma perlu segera memastikan program bansos tunai benar-benar membantu rakyat yang terdampak pandemi Covid-19 dan bisa menggerakan ekonomi masyarakat.

HNW pun menyayangkan berkurangnya anggaran perlindungan sosial yang semula Rp128,9 triliun di 2020 menjadi Rp110 triliun di 2021, sementara bansos tunai turun dari Rp39 triliun pada 2020 menjadi Rp12 triliun di 2021 alias berkurang sebesar Rp27 triliun.

"Risma seharusnya fokus di sini, amankan anggaran itu supaya bisa efektif membantu rakyat korban Covid-19," katanya. []




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved