Jika Jokowi Tak Bisa 3 Periode, Pendukungnya Pilih Siapa? - Channel Media Berita Central Indonesia

Rabu, 05 Mei 2021

Jika Jokowi Tak Bisa 3 Periode, Pendukungnya Pilih Siapa?

Jika Jokowi Tak Bisa 3 Periode, Pendukungnya Pilih Siapa?

Jika Jokowi Tak Bisa 3 Periode, Pendukungnya Pilih Siapa?

CMBC Indonesia - Keinginan sejumlah responden survei agar Joko Widodo maju lagi di Pilpres 2024 terbentur aturan 2 periode. Lalu, siapa yang akan mereka pilih jika Jokowi tidak bisa nyapres lagi?

Survei Litbang Kompas pada 13-26 April 2021 menunjukkan 24% responden menilai Jokowi adalah tokoh yang layak menjadi presiden jika pilpres digelar saat ini. Sebanyak 24% responden itu ditanya lagi, siapa yang akan mereka pilih jika Jokowi tidak dapat mencalonkan diri lagi di Pilpres 2024.

Berikut ini jawaban responden di survei yang dirilis pada Selasa (4/5/2021):

Belum ada/rahasia: 8%
Prabowo Subianto: 5%
Ganjar Pranowo: 3%
Basuki Tjahaja Purnama: 2%
Anies Baswedan: 2%
Tri Rismaharini: 1%
Agus Harimurti Yudhoyono: 1&
Sandiaga Uno: 1%
Mahfud Md: 0
Ridwan Kamil: 0
Gatot Nurmantyo: 0
Lainnya: 1%

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak di 34 provinsi. Margin of error penelitian sebesar +- 2,8%.

Seperti diketahui, isu masa jabatan presiden akan dibuat 3 periode sempat beberapa kali muncul, terakhir pada Maret 2021. Kala itu, Presiden Jokowi telah memastikan dia tidak berminat menjadi presiden untuk 3 periode.

"Apalagi yang harus saya sampaikan? Bolak-balik ya sikap saya tidak berubah. jangan membuat kegaduhan baru, kita saat ini tengah fokus pada penanganan pandemi," kata Jokowi lewat Youtube Sekretariat Presiden, Senin (15/3/2021).

"Saya tegaskan, saya tidak ada niat. Tidak ada juga berminat menjadi presiden tiga periode. Konstitusi mengamanahkan dua periode. Itu yang harus kita jaga bersama-sama," tegas Jokowi. []




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved