Sikat Atlet Chile dan Jerman, Jagoan Indonesia Bertahan di Piala Dunia - Channel Media Berita Central Indonesia

Kamis, 15 Juli 2021

Sikat Atlet Chile dan Jerman, Jagoan Indonesia Bertahan di Piala Dunia

Sikat Atlet Chile dan Jerman, Jagoan Indonesia Bertahan di Piala Dunia

Sikat Atlet Chile dan Jerman, Jagoan Indonesia Bertahan di Piala Dunia


CMBC Indonesia - Dua jagoan Indonesia, IM Irene Kharisma Sukandar (2.413) dan IM Medina Warda Aulia (2.360) maju ke putaran kedua Piala Dunia Catur Wanita FIDE di Sochi, Rusia. Mereka menuntaskan partai kedua putaran pertama dengan agregat kemenangan pada Selasa waktu setempat.

Irene unggul 1,5 – 0,5 atas pecatur Chile WIM Javiera Belen Gomez Barrera (2.083). Pada partai kedua, mereka bermain remis dalam permainan panjang sampai 65 langkah.

Dalam partai kedua ini, Irene yang mengendalikan buah putih, tampil tidak seagresif partai pertama yang dimenanginya.

Seperti disiarkan laman resmi turnamen, Irene mengawali langkah dengan memajukan bidak raja ke e4 untuk mengarah ke pembukaan Giuoco Piano. Dia mencoba tampil posisional untuk mengamankan keunggulan.

Walaupun sempat unggul satu bidak di permainan akhir, Irene menerima tawaran remis dari Barera. Sebab, dengan hasil itu, Irene sudah memastikan diri maju ke putaran kedua.

Penampilan gemilang juga diperlihatkan Medina Warda Aulia. Terutama pada partai kedua menghadapi pecatur Jerman FM Jana Schneider (2.321).

Dengan ciri khasnya, Medina tampil posisional mengotak-atik buah perwiranya dalam permainan Ruy Lopez varian Norwegia untuk memaksa Schneider berpikir keras hingga mengalami krisis waktu. Pada akhirnya, Schneider menyerah pada langkah ke-44.

Dengan kemenangan ini, Medina unggul 2-0 setelah di partai pertama, pecatur asal Bekasi tersebut juga menang.

Dalam putaran kedua, Medina sudah ditunggu pecatur unggulan ke-6 asal India Dronavalli Harika (2.515). Dronavalli memperoleh bye di putaran pertama.

Di atas kertas, lawan Medina ini lebih unggul dilihat dari ello rating maupun status gelar yang disandang. Harika adalah peraih tiga kali medali perunggu kejuaraan dunia catur wanita. Dia saat ini sudah menyandang gelar GM kategori umum. Sedangkan Medina baru menyandang IM untuk kategori umum dan Grandmaster untuk kategori wanita (WGM).

Lawan berat juga akan dihadapi Irene di putaran kedua. Pecatur asal Jawa Barat ini akan berhadapan dengan pecatur tuan rumah Rusia, Valentina Gunina (2.437) yang juga sudah menyandang gelar GM kategori umum.[jawapos]




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved