Media Asing Soroti Robot Delta Penanak Nasi Buatan Warga Desa surabaya - Channel Media Berita Central Indonesia

Rabu, 11 Agustus 2021

Media Asing Soroti Robot Delta Penanak Nasi Buatan Warga Desa surabaya

Media Asing Soroti Robot Delta Penanak Nasi Buatan Warga Desa surabaya

Media Asing Soroti Robot Delta Penanak Nasi Buatan Warga Desa surabaya


CMBC Indonesia - Keterbatasan tidak membatasi kreativitas warga Desa Tembok Gede, Surabaya Jawa Timur. 

Mereka berhasil menciptakan robot yang bisa dimanfaatkan untuk membantu membawa makanan kepada penduduk yang mengisolasi diri yang telah tertular virus corona.

Media asing Reuters ikut menyoroti hasil kreatifitas tersebut.


Reuters menulis, Robot yang dinamai Delta – merujuk pada varian virus corona yang saat ini mencengkeram Indonesia-  itu, dirakit dari barang-barang bekas pakai rumah tangga seperti panci, wajan, dan monitor televisi tua. Sangat Unik.

Kepala robot terbuat dari penanak nasi, dan dioperasikan dengan remote control dengan daya tahan baterai 12 jam. Ini adalah salah satu dari beberapa robot yang dibuat di desa Tembok Gede, yang telah memenangkan reputasi untuk penggunaan teknologi secara kreatif.

“Dengan varian Delta baru ini dan melonjaknya jumlah kasus Covid-19, saya memutuskan untuk menjadikan robot tersebut sebagai robot yang digunakan untuk pelayanan publik seperti penyemprotan disinfektan, pengantaran makanan dan memenuhi kebutuhan warga yang melakukan isolasi mandiri,” kata Aseyanto, kepala lingkungan yang mengepalai proyek tersebut.

“Robot Delta ini sangat sederhana. Saat kami membuat ini, kami murni menggunakan bahan bekas di lingkungan kami," kata Aseyanto.

“Untuk alasnya, kami menggunakan sasis mobil mainan bekas,” kata anggota tim lainnya, dosen teknik Benazir Imam Arif Muttaqin.

Indonesia telah menjadi episentrum wabah Covid-19 Asia dan mencatat lebih dari 3,68 juta infeksi dengan lebih dari 108.000 kematian akibat virus.(RMOL)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved