Listrik Sering Mati, Sejumlah Investor di Morowali Utara Ancam Batalkan Investasi - Channel Media Berita Central Indonesia

Rabu, 13 Oktober 2021

Listrik Sering Mati, Sejumlah Investor di Morowali Utara Ancam Batalkan Investasi

Listrik Sering Mati, Sejumlah Investor di Morowali Utara Ancam Batalkan Investasi

Listrik Sering Mati, Sejumlah Investor di Morowali Utara Ancam Batalkan Investasi

CMBC Indonesia - Sejumlah investor di Morowali Utara (Morut) ingin meninggalkan lokasi itu dan membatalkan investasi lantaran sering terjadi pemadaman listrik. Hal ini disampaikan oleh Bupati Morut, dr. Delis Julkarson Hehi.

Bahkan, jika masalah listrik tak kunjung selesai, mereka mengancam akan angkat kaki dari Morut. Padahal, mereka menyerap belasan ribu tenaga kerja di wilayah itu.

"Ini listrik sudah terlalu sering mati-hidup. Saya sengaja undang bapak-bapak sekalian untuk mencari solusi secepatnya. Sebelum berinvetasi, para investor pasti menanyakan ketersediaan daya listrik. Jadi ini masalah serius," katanya saat meminta penjelasan perwakilan Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Kantor Bupati Morut, Selasa (12/10/2021).

Ia berharap PLN melalui Unit Layanan Pelanggan Kolonodale benar-benar serius untuk mencari solusi dan mengatasi permasalahan listrik padam tersebut sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Apa yang kami bisa bantu? Kalau kapasitas daya listrik yang kurang, kita cari jalan keluarnya. Kalau pohon menghalangi kabel listrik, tolong sampaikan di desa mana, nanti kami hubungi kadesnya,"ujarnya.

Menanggapi hal ini, Manajer PLN ULP Kolonodale, Desnart Sabudu mengakui saat ini ada empat mesin pembangkit listik rusak sehingga terpaksa dilakukan pemadaman bergilir.

Saat ini ada 10 mesin pembangkit listik di Pembangkit Listrtik Tenaga Diesel (PLTD) Tompira. Dari 10 itu hanya enam mesin yang berfungsi.

"Dalam kondisi normal, keenam mesin itu memiliki daya total 2.150 Kilo Watt (KW). Selain itu dibantu daya listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Minihydro (PLTM) 1 Wawopada yaitu 2.600 KW dan PLTM 2 sebesar 3.200 KW. Itu berarti total daya yang mampu dihasilkan 7.950 KW," kata dia.

Kebutuhan daya listrik di Morut saat ini sekitar 7.800 kW hingga 8.000 akW. Artinya, dalam keadaan normal tidak akan terjadi pemadaman aliran listrik.

Namun, dari enam mesin PLTD Tompira, ada mesin yang mati tiba-tiba jika panasnya sudah mencapai 98 derajat celcius.

"Mesin itu pasti langsung mati sendiri. Jadi harus dingin dulu baru dihidupkan kembali. Ini salah satu masalah yang terjadi selama ini sehingga pemadaman listrik kerap terjadi," terangnya.

Selain itu, permasalahan maintenance, kabel terputus, tiang listrik jatuh atau masalah di mesin PLTM Wawopada yang juga menjadi penyebab pemadaman listrik kerap dilakukan.

Saat ini pihaknya terus melakukan perbaikan sambil berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Morut untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kebutuhan daya listrik ini diharapkan bisa tertanggulangi secara keseluruhan jika PLTM Tomata dengan daya 10.000 KW sudah beroperasi pada Januari 2022," pungkasnya.[suara]




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved