Ketua PSI DKI Bicara soal Rp 2,7 M untuk Y20 dan Oposisi Anies - Channel Media Berita Central Indonesia

Sabtu, 20 November 2021

Ketua PSI DKI Bicara soal Rp 2,7 M untuk Y20 dan Oposisi Anies

Ketua PSI DKI Bicara soal Rp 2,7 M untuk Y20 dan Oposisi Anies

Ketua PSI DKI Bicara soal Rp 2,7 M untuk Y20 dan Oposisi Anies


CMBC Indonesia -Nama Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Michael Sianipar disinggung saat Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta mengajukan Rp 2,7 miliar untuk Forum Internasional Youth 20 Summit (Y20). Michaal disinggung karena terlibat sebagai panitia Y20.

Micheal merupakan ketua dari Indonesia Youth Diplomacy (IYD). Sementara IYD ditunjuk oleh pemerintah pusat menjadi panitia Y20.

"Yang menugaskan IYD sebagai penyelenggara adalah Kemenpora dan Kemenko Perekonomian selaku pemerintah pusat dan leading sector untuk urusan G20 dan Y20," kata Michael kepada wartawan, Sabtu (21/11/2021).

Micheal mengatakan Y20 adalah bagian dari acara G20 tahun depan. Dia menegaskan bahwa Y20 tidak hanya dilaksanakan di Jakarta.

"Youth 20 (Y20) adalah bagian dari acara G20 tahun depan di mana Indonesia adalah tuan rumah. Pak Jokowi jadi Ketua G20-nya sebagai tuan rumah. Secara otomatis, rangkaian acara G20, seperti Business 20, Think 20, Women 20, Labor 20, Youth 20, dan lainnya juga dilaksanakan di Indonesia dan tersebar di seluruh provinsi di Nusantara," tutur dia.

"Acara Youth 20 sendiri akan dilaksanakan bukan hanya di Jakarta, tapi juga di Bandung, Manokwari, Palembang, dan Lombok Tengah. Sedang dijajaki juga di Kupang karena ada permintaan dari Pemprov NTT supaya bisa ada acara juga di sana. Karena ini acara negara, semua unsur terlibat, dari pemerintah pusat, pemerintah-pemerintah daerah, masyarakat sipil, dan swasta," lanjutnya.

Michael mengatakan Y20 akan dihadiri oleh ratusan pemuda di seluruh dunia. Dalam forum itu, para pemuda akan membicarakan isu global.

"Acara Y20 sendiri nanti akan dihadiri oleh 100-an tokoh-tokoh pemuda dari seluruh dunia, delegasi-delegasi pilihan mewakili seluruh negara G20 dan negara sahabat. Yang akan datang adalah pemuda-pemuda terbaik dari masing-masing negara untuk bersidang di Indonesia membahas isu besar dan isu global yang dihadapi oleh generasi muda. Kebetulan saja saya dipercaya jadi Ketua acara tersebut, kami ditunjuk oleh Pemerintah Pusat dan dimandatkan mengorganisir acara besar di mana wajah dan reputasi bangsa Indonesia sebagai negara besar dipertaruhkan," jelasnya.

Michael pun mengucapkan terima kasih kepada pihak yang membantu Y20. Dia mengatakan DKI Jakarta dan Jawa Barat akan menjadi tuan rumah acara puncak Y20.

"Kami panitia Y20 dan saya sebagai Ketua Y20 Summit Indonesia berterima kasih kepada semua unsur yang mendukung acara besar ini agar maksimal. Apalagi, Indonesia jadi tuan rumah G20 sekali 20 tahun. Kami berterima kasih juga kepada Pemda-Pemda yang berkomitmen menyukseskan acara-acara G20 dan turunannya, terkhusus kepada Pemprov DKI dan Pemprov Jabar sebagai tuan rumah puncak acara Y20 nanti," sebutnya.

Nyatakan Bersikap Objektif
Michael pun menjawab sorotan akan terjadi potensi konflik kepentingan karena dia menjabat sebagai Ketua DPW PSI DKI Jakarta. Dia mengatakan bahwa dirinya akan bersikap objektif dan non-politis dalam acara Y20.

"Saya sebagai Ketua Y20 harus bersikap obyektif dan non-politis menyukseskan acara negara. Kalau saya dikaitkan sebagai Ketua DPW PSI dan mengingat posisi PSI sebagai oposisi Pak Anies di Jakarta, seharusnya saya di internal tolak saja Jakarta jadi tuan rumah. Toh Pemda-Pemda lain mau jadi tuan rumah," katanya.(detik)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved