Profil Max Sopacua, Politikus Senior yang Meninggal Dunia karena Paru - Channel Media Berita Central Indonesia

Rabu, 17 November 2021

Profil Max Sopacua, Politikus Senior yang Meninggal Dunia karena Paru

Profil Max Sopacua, Politikus Senior yang Meninggal Dunia karena Paru

Profil Max Sopacua, Politikus Senior yang Meninggal Dunia karena Paru


CMBC Indonesia -Politikus senior H. Zulkifli bin Adam atau Max Sopacua meninggal dunia. Max Sopacua mengawali karirnya sebagai penyiar berita sebelum dia terjun ke dunia politik.

Dilihat dari buku 'Profil dan Anggota DPR RI 2004-2009', Jumat (17/11/2021), Max lahir di Ambon, 2 Maret 1946. Dia menikah dengan Tuti Irwatie dan dikaruniai tiga orang anak.

Max pernah bekerja sebagai penyiar berita di TVRI dari 1985 hingga 2002. Dia lebih fokus sebagai penyiar di bidang olahraga, seperti Produser Olimpiade Soul 1988, Produser Piala Dunia USA 1994, dan Produser Puala Dunia Prancis 1998.


Lepas dari itu, Max Sopacua bergabung dengan Partai Demokrat. Pada 2004, dia menjadi anggota legislatif dari Partai Demokrat. Max Sopacua melanjutkan kiprahnya di legislatif pada peride 2009-2014. Namun, pada 2014, Max tak lagi terpilih sebagai anggota Dewan.

Meski sudah tak menjadi anggota Dewan, Max mendapat posisi di partai sebagai Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat periode 2015 hingga 2020.

Max Sopacua sempat keluar dari Partai Demokrat dan bergabung dengan Partai Emas pimpinan Hasnaeni. Namun pada 2021, Max Sopacua keluar dari Partai Emas. Usai keluar, dia bergabung dan ikut mempersiapkan KLB Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Meninggal di RSPAD
Kabar Max Sopacua meninggal dunia tersebar lewat broadcast WhatsApp, Rabu (17/11/2021). Putra Max Sopacua membenarkan ayahandanya meninggal dunia saat dikonfirmasi.

"Iya, benar," kata putra Max Sopacua, Ferro Sopacua, saat dikonfirmasi detikcom.


H. Zulkifli bin Adam atau Max Sopacua meninggal pukul 05.35 WIB. Jenazah Max Sopacua saat ini masih di RSPAD Jakarta.

Kolega Max Sopacua dalam berpartai, Darmizal, sudah mendapat informasi Max Sopacua meninggal dunia. Dia menyampaikan duka yang mendalam.

"Kita berduka yang amat sangat mendalam, atas berpulangnya beliau. (Meninggal) dini hari tadi menjelang subuh," katanya.

Demokrat Berduka
Elite Partai Demokrat, Rachland Nashidik, berduka cita atas meninggalnya Max Sopacua.

"Pagi ini mendapat kabar duka. Pak Max Sopacua berpulang dalam usia 75 tahun. Rest in peace, Pak Max," kata Rachland kepada wartawan lewat cuitan Twitter-nya, Rabu (17/11/2021).

Rachland menyebut dirinya selalu menganggap Max Sopacua sebagai sahabat terlepas dari pilihan politik apa pun. "Saya selalu menganggapmu senior dan sahabat yang menyenangkan, bahkan ketika kita mengambil jalan berbeda," ujar Rachland.


Sementara itu, Kepala Bakomstra Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra juga berduka Max Sopacua Meninggal dunia. Herzaky mendoakan keluarga Max Sopacua tabah.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Kami turut berduka. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan," katanya.




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved