Punya Cara Tumbuhkan Ekonomi hingga 8 Persen, Rizal Ramli Cerita Justru Diganti oleh Pengusaha Reklamasi - Channel Media Berita Central Indonesia

Kamis, 04 November 2021

Punya Cara Tumbuhkan Ekonomi hingga 8 Persen, Rizal Ramli Cerita Justru Diganti oleh Pengusaha Reklamasi

Punya Cara Tumbuhkan Ekonomi hingga 8 Persen, Rizal Ramli Cerita Justru Diganti oleh Pengusaha Reklamasi

Punya Cara Tumbuhkan Ekonomi hingga 8 Persen, Rizal Ramli Cerita Justru Diganti oleh Pengusaha Reklamasi

CMBC Indonesia - Ekonom senior Rizal Ramli (RR) optimis dapat membalikkan situasi bangsa Indonesia saat ini menjadi lebih baik di saat pergantian rezim.

Dalam video yang diunggah di akun YouTubenya, Rizal membeberkan langkah-langkah untuk membuat kondisi rakyat Indonesia menjadi lebih baik.

Di mana kata Rizal, perubahan diawali dengan pemilihan anggota DPR maupun DPRD. Rizal berharap, partai politik nantinya dibiayai oleh negara.

"Saya udah itung budgetnya sekitar Rp 30 triliun. Kalau ada 17 partai, masing-masing dapat Rp 1 triliun, sisanya berdasarkan jumlah suara. Tidak ada lagi threshold nanti. Kita akan ubah ini semua. Dan perubahan itu juga harus di DPR," ujar Rizal seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (3/11).

Hal itu perlu dilakukan Rizal ketika melihat yang telah terjadi di rezim Soeharto. Di mana, lebih setengah anggota DPR pada waktu itu adalah simpatisan PKI dan pendukungnya.

Mereka kata Rizal, diganti semua dengan anak-anak muda, bahkan diganti dengan anak muda.

"Sehingga DPR-nya pun dibongkar. Nanti juga kalau ada perubahan tidak cukup hanya ganti presiden, kita harus bongkar DPR yang berengsek ini, yang cuma jadi alat dari oligarki. Kecuali mereka berubah. Tapi tidak ada agak-agaknya berubah, apa aja yang pemerintah mau, digolin, tidak usah ada DPR" tegas Rizal.

Rizal pun optimis dan mengaku sudah mengetahui cara untuk memperbaiki bangsa Indonesia.

"Kita udah tahu caranya bagaimana, begitu ada perubahan, ekonomi akan kita balikan tumbuh ke delapan persen tahun pertama, setelah itu tumbuh double digit supaya kita bisa mengejar negara-negara Asia lainnya," jelas Rizal.

Selanjutnya adalah, ketimpangan ekonomi juga harus diselesaikan. Di mana, kredit untuk usaha kecil saat ini kurang dari 20 persen dari total kredit.

Nantinya kata Rizal, akan diubah supaya dalam waktu lima tahun, kredit untuk usaha kecil bisa naik ke 40-45 persen.

"Toh yang gede-gede bisa nerbitkan modal di pasar modal, bisa nerbitkan obligasi, minjam di luar negeri. Kebayang tidak bapak ibu kalau kredit untuk usaha kecil, kita tingkatkan 2 kali dari hari ini. Itu pekerjaan akan banyak sekali. Pekerjaan akan banyak, usaha kecil juga akan lebih hidup dan sebagainya," jelas Rizal.

"Ada caranya kok untuk mengubah ini. Saya sudah buktikan, di manapun Rizal Ramli berada, di dalam atau di luar pemerintah, kita ini transformer, orang yang mengubah sesuatu, dari yang jelek jadi lebih bagus, jelek lebih maju lagi," sambung Rizal.

Akan tetapi, Rizal mengaku dimusuhi oleh elit oligarki yang pada dasarnya adalah pengusaha yang merangkap menjadi penguasa peng-peng.

"Kerjanya itu pelorotin anggaran negara. Berhadapan sama saya di kabinet, pada kesal tidak bisa apa-apa. Tapi akhirnya dilobilah supaya Rizal Ramli diganti. Yang ganti saya itu ya para pengusaha peng-peng, pengusaha reklamasi, tidak apa-apa," pungkas Rizal.[rmol]




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved