Sosok Abdul Wahab Dalimunthe, Anggota DPR Tertua Kenyang Pengalaman - Channel Media Berita Central Indonesia

Selasa, 09 November 2021

Sosok Abdul Wahab Dalimunthe, Anggota DPR Tertua Kenyang Pengalaman

Sosok Abdul Wahab Dalimunthe, Anggota DPR Tertua Kenyang Pengalaman

Sosok Abdul Wahab Dalimunthe, Anggota DPR Tertua Kenyang Pengalaman


CMBC Indonesia -Anggota DPR RI dari Fraksi Demokrat, Abdul Wahab Dalimunthe, meninggal dunia. 

Selama hidupnya, Abdul Wahab Dalimunthe pernah menjadi bupati, ketua DPRD, hingga Wakil Gubernur Sumut.

Dikutip dari situs KPU, Abdul Wahab lahir di Rantau Prapat pada 10 Januari 1939. Ia mengenyam pendidikan sekolah rakyat hingga SMP di Rantau Prapat. Kemudian melanjutkan sekolah di SMAN 3 Medan.

Abdul Wahab pun berkuliah di Universitas Sumatera Utara. Di kampus inilah Abdul Wahab aktif berorganisasi. Ia pernah menjadi Ketua PMII USU.


Ia juga pernah menjadi Sekda Kabupaten Labuhan Batu antara 1971 dan 1990. Ia pun pernah menjadi penjabat Bupati Kabupaten Asahan pada 1985.

Selanjutnya pada 2000-2009, ia adalah Penasihat MUI Sumut. Di tahun yang sama, ia juga Muhatasar NU Sumut. Kariernya di di dunia politik juga tampak saat ia masuk tim pemenangan untuk SBY-Boediono pada 2009.

Selain itu, ia pernah menjadi Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah, Wakil Gubernur Sumut, Ketua DPRD Sumut hingga anggota DPR RI pada 2009-2014. Ia kembali terpilih menjadi anggota DPR untuk periode 2017-2019 dan 2019-2024. Ia pun tercatat sebagai anggota DPR tertua dengan usia 82 tahun


Wafat Hari Ini
Politikus tertua di parlemen itu pun kini telah pergi dengan segudang pengalaman di berbagai jabatan. Abdul Wahab meninggal pada usia 82 tahun.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun, turut berdukacita atas meninggalnya Bapak H Abdul Wahab Dalimunte, anggota DPR RI dari Partai Demokrat," kata Plt Ketua Partai Demokrat Sumut, Herry Zulkarnain, saat dimintai konfirmasi, Senin (8/11/2021).


Herry mengatakan Abdul Wahab meninggal siang tadi. Abdul Wahab meninggal di rumah sakit.

"Siang tadi di RS Columbia Medan," ujar Herry.

Herry tidak menjelaskan penyakit yang diderita Abdul Wahab. Herry berdoa agar amal ibadah Abdul Wahab diterima Allah.

"Semoga segala dosa diampuni Allah SWT dan segala amal diterima. Insyaallah almarhum husnulkhatimah," ujar Herry.(detik)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved