Antisipasi Corona, Kapal Australia di Kalteng Diperiksa Kemenhub - Channel Media Berita Central Indonesia

Minggu, 09 Februari 2020

Antisipasi Corona, Kapal Australia di Kalteng Diperiksa Kemenhub

Antisipasi Corona, Kapal Australia di Kalteng Diperiksa Kemenhub

Antisipasi Corona, Kapal Australia di Kalteng Diperiksa Kemenhub
CMBC Indonesia - Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) memperketat pemeriksaan, khususnya kesehatan para penumpang dan awak kapal wisata MV. Coral Adventure yang berlabuh di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona via laut.
Kepala KSOP Kelas IV Kumai, Capt. Wahyu Prihanto mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan dari 36 orang ABK dan 41 orang penumpang, tidak ditemukan gejala demam lebih dari 38°C di mana rata-rata 36.5° C, serta tidak ada gejala sesak nafas, batuk dan pilek.

"Pukul 06.00 WITA petugas memulai kegiatan dengan melakukan komunikasi dengan kapten kapal untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh seluruh awak kapal dan penumpang kapal, serta dilanjutkan dengan pemeriksaan sanitasi kapal, pemeriksaan hospital room, pemeriksaan vektor dan BPP di atas kapal dan terakhir dokumen kesehatan kapal," ujar Wahyu dalam keterangannya, Minggu (9/2/2020).

Kata Wahyu, proses tersebut berlangsung selama 2 jam dari pukul 07.00 WITA sampai dengan pukul 09.00 WITA. Wahyu menjelaskan pemeriksaan yang telah diberikan dari pintu masuk pertama di Indonesia (Belitung) dapat dilaporkan bahwa semuanya tidak terdapat gejala demam, batuk dan lain-lain.

Lebih lanjut Wahyu mengatakan bahwa kegiatan diawali dengan analisis awal pemeriksaan PKK, MDH awal, voyage memo/port of call, crew list dan vaccination list.

"Tidak lupa juga petugas dilengkapi dengan pemakaian Alat Perlindungan Diri lengkap," katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa hasil pemeriksaan dokumen karantina juga telah lengkap dan masih berlaku, antara lain Maritime Declaration of Health/MDH, Health Book, SSCEC, Medicine Chest certificate, Vaccination List, Voyage Memo/Port of Call, Last! Port Clearance, Narcotic List, Cargo Manifest, Ship Particular, Ship Store Declaration, Bonded Store, Nil List.

"Hasil pemeriksaan Vektor dan BPP juga tidak ditemukan faktor risiko vektor dan BPP, serta hasil pemeriksaan medical kan book tidak ditemukan riwayat penyakit menular yang serius dan dapat menyebabkan PHEIC," tutur wahyu.

"Tidak ditemukan juga pelanggaran karantina (bendera kuning masih berkibar, kapal tidak melakukan aktivitas, kapal masih steril)," tambahnya.

Sebagai informasi, sebelum ke Kotawaringin Barat, kapal asing MV. Coral Adventure yang berbendera Australia memiliki kapasitas GT. 5.516 berlayar dari pelabuhan Sunda Kelapa di mana sebelumnya pada tanggal 2 Februari 2020 baru berangkat dari Singapura yang artinya kapal masih dalam masa inkubasi.

Wahyu melanjutkan, setelah dilakukan pemeriksaan keseluruhan pada hari ini dapat dinyatakan bahwa pada kapal tersebut tidak ditemukan faktor resiko PHEIC dan kapal diberikan Port Health Quarantine Clereance tanggal 09 Februari 2020.

"Setelah proses pemeriksaan selesai dilaksanakan, kami juga telah melakukan komunikasi kepada Kapten kapal, ABK dan penumpang kapal telah untuk memberikan informasi dan edukasi terkait novel corona virus," tutup Wahyu.

Sebagai informasi, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai dengan menggunakan kapal patroli Armada KN.P. 489 dan Sea Rider KPLP bersama dengan KPPP, POL AIR, POS TNI AL, KKP, Dinas Kesehatan Kotawaringin Barat, Imigrasi serta Bea Cukai hari ini (9/2/2020) melakukan pemeriksaan terhadap kapal wisata asing MV. Coral Adventure yang berlabuh di Kabupaten Kotawaringin Barat.(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved