Ahli ITB Sebut Potensi Gempa dan Tsunami Selatan Jawa, Ini Kata BMKG - Channel Media Berita Central Indonesia

Sabtu, 26 September 2020

Ahli ITB Sebut Potensi Gempa dan Tsunami Selatan Jawa, Ini Kata BMKG

Ahli ITB Sebut Potensi Gempa dan Tsunami Selatan Jawa, Ini Kata BMKG

Ahli ITB Sebut Potensi Gempa dan Tsunami Selatan Jawa, Ini Kata BMKG

CMBC Indonesia - Kajian para ahli kebumian Institut Teknologi Bandung (ITB) menyebutkan adanya potensi gempa kuat di zona megathrust di selatan Pulau Jawa. Kajian itu dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature baru-baru ini.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono, berharap adanya potensi tersebut dapat mendorong semua pihak untuk memperhatikan upaya mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami.

“Maka, perlu ada upaya serius dari berbagai pihak untuk mendukung dan memperkuat penerapan building code dalam membangun infrastruktur. Masyarakat juga diharapkan terus meningkatkan kemampuannya dalam memahami cara selamat saat terjadi gempa dan tsunami,” kata Daryono dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 25 September 2020.

BMKG dalam hal ini mengapresiasi hasil tersebut, skenario model yang dihasilkan merupakan gambaran terburuk (worst case), dan ini dapat dijadikan acuan dalam upaya mitigasi guna mengurangi risiko bencana gempa dan tsunami.

"Kita akui, informasi potensi gempa kuat di zona megathrust memang rentan memicu keresahan akibat salah pengertian (misleading). Masyarakat ternyata lebih tertarik membahas kemungkinan dampak buruknya daripada pesan mitigasi yang mestinya harus dilakukan," ujarnya.

Menurutnya, informasi potensi gempa kuat selatan Jawa saat ini bergulir cepat menjadi berita yang sangat menarik. Masyarakat awam pun menduga seolah dalam waktu dekat di selatan Pulau Jawa akan terjadi gempa dahsyat, padahal tidak demikian.

Meskipun kajian ilmiah mampu menentukan potensi magnitudo maksimum gempa megathrust dan skenario terburuk, akan tetapi hingga saat ini teknologi belum mampu memprediksi dengan tepat dan akurat kapan serta di mana gempa akan terjadi.

"Maka dalam ketidakpastian kapan terjadinya, yang perlu dilakukan adalah upaya mitigasi dengan menyiapkan langkah-langkah konkret untuk meminimalkan risiko kerugian sosial ekonomi dan korban jiwa," ujarnya.

Daryono menambahkan, informasi hasil kajian ini hendaknya tidak mempertajam kecemasan dan kekhawatiran masyarakat. Tetapi harus segera direspons dengan upaya mitigasi yang nyata. Apakah dengan meningkatkan kegiatan sosialisasi mitigasi, latihan evakuasi (drill), menata, dan memasang rambu evakuasi.

Kemudian, menyiapkan tempat evakuasi sementara, membangun bangunan rumah tahan gempa, menata tata ruang pantai berbasis risiko tsunami, serta meningkatkan performa sistem peringatan dini tsunami. []




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved