3 Fakta Menarik Sri Mulyani Jadi Menkeu Terbaik Lagi - Channel Media Berita Central Indonesia

Rabu, 14 Oktober 2020

3 Fakta Menarik Sri Mulyani Jadi Menkeu Terbaik Lagi

3 Fakta Menarik Sri Mulyani Jadi Menkeu Terbaik Lagi

3 Fakta Menarik Sri Mulyani Jadi Menkeu Terbaik Lagi

CMBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dinobatkan menjadi Menteri Keuangan Terbaik di Asia Timur dan Pasifik. Penghargaan ini didapatkannya dari Majalah Global Markets.
Lengkapnya, dia meraih penghargaan Finance Minister of the Year for East Asia Pacific 2020. Penghargaan ini didapatkan Sri Mulyani untuk kedua kalinya. Begini 3 fakta menariknya.

1. Alasan Dipilih Jadi Menkeu Terbaik

Menurut Majalah Global Markets, Sri Mulyani mendapatkan penghargaan tersebut atas prestasinya dalam menangani pandemi COVID-19 di Indonesia. Mereka menilai komitmen pemberian stimulus fiskal dalam bentuk perlindungan sosial, insentif perpajakan, penjaminan pinjaman, dan subsidi bagi sektor usaha yang terdampak paling besar layak diapresiasi.


Selain itu, keputusan untuk memperlebar defisit melebihi batas maksimum yang ditetapkan dalam undang-undang sebesar 3% dari PDB juga menjadi poin yang penting atas dipilihnya Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan terbaik.

"Penghargaan tersebut hendaknya menjadi pemicu perbaikan bagi pengelolaan fiskal. Sebab, tantangan Indonesia masih berat dan panjang ke depan. Raihan ini telah menandakan kita sudah on the right track," kata Sri Mulyani dalam keterangannya, Senin (12/10/2020).

2. Bukan Cuma Sekali
Dari catatan detikcom, Sri Mulyani sebelumnya pernah mendapatkan penghargaan serupa di tahun 2018. Global Markets menobatkannya menjadi Menteri Keuangan Terbaik karena kiprahnya mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang, saat kembali menjabat Menteri Keuangan untuk kedua kalinya. Kebijakan Sri Mulyani dianggap kredibel dan efektif.


Menurut Global Markets, Sri Mulyani mendapat tantangan terbesarnya saat datang kembali. Perekonomian Indonesia menawarkan potensi besar tetapi memberikan beban persoalan yang serius bagi Kementerian Keuangan. Pengumpulan pajak telah lama menjadi masalah di negara ini, tetapi pemerintah juga berjuang untuk membelanjakan uangnya.

Sebagai informasi, Global Markets adalah majalah berita terkemuka di bidang pasar ekonomi internasional. Majalah ini diterbitkan pada saat pertemuan sidang tahunan IMF-World Bank Group.

3. Penghargaan Lain

Bukan cuma dari Global Markets, Sri Mulyani bahkan sudah 3 kali mendapatkan gelar Menkeu Terbaik di Asia Pasifik versi majalah FinanceAsia. Gelar itu didapatkan Sri Mulyani selama 3 tahun berturut-turut, mulai dari 2017, 2018, dan 2019.

Pada gelar terakhir yang dia dapatkan, Sri Mulyani disebut berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik. FinanceAsia mencatatkan defisit anggaran terendah dalam enam tahun terakhir pada 2018 (1,7% dari Produk Domestik Bruto).(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved