Joe Biden Menang Pilpres AS, Berapa Harta Kekayaannya? - Channel Media Berita Central Indonesia

Minggu, 08 November 2020

Joe Biden Menang Pilpres AS, Berapa Harta Kekayaannya?

Joe Biden Menang Pilpres AS, Berapa Harta Kekayaannya?

Joe Biden Menang Pilpres AS, Berapa Harta Kekayaannya?

CMBC Indonesia - Joe Biden selangkah lagi menjadi presiden Amerika Serikat (AS). Ia memenangkan perhitungan suara dalam pemilihan presiden (Pilpres) AS melawan Donald Trump. Berapa harta kekayaannya?
Seperti dikutip dari Forbes, Minggu (8/11/2020), kekayaan Biden dan istrinya Jill diperkirakan US$ 9 juta atau setara Rp 128, 25 miliar (asumsi kurs Rp 14.250). Kekayaan tersebut termasuk dua rumah Delaware senilai US$ 4 juta, uang tunai dan investasi US$ 4 juta atau lebih, dan pensiun federal senilai lebih dari US$ 1 juta.

Ayah Biden, Joe Sr dibesarkan dalam kehidupan yang istimewa berkat ayahnya Joseph yang berkarir di American Oil. Namun, ayah Biden gagal dalam bisnisnya yang mencakup real estat di Boston dan usaha membersihkan tanaman yang membuat keluarganya bangkrut menurut memoar Joe Biden tahun 2007.


Keluarganya pindah ke sebuah apartemen di Wilmington, Delaware, ketika Joe Biden berusia 10 tahun. Ayahnya akhirnya mendapatkan pekerjaan menjual mobil.

Joe Biden kemudian menyelesaikan sekolahnya di sekolah menengah swasta terdekat. Ia menyelesaikan program studi-kerja untuk menutupi biaya sekolah US$ 300 per tahun.

Selanjutnya, Biden mendapatkan gelar sarjana dari Universitas Delaware diikuti dengan gelar sarjana hukum dari Universitas Syracuse. Setelah tahun pertama sekolah hukum ia menikah, dan ketika lulus pada tahun 1968 kembali ke Wilmington bersama istrinya Neilia.


Pasangan itu dengan cepat mengumpulkan dana untuk membeli tiga properti sewaan di daerah itu, dengan bantuan dari kedua pasangan orang tua. Biden bekerja sebagai pengacara di sebuah perusahaan lokal.



Sejak perhitungan suara pemilihan Presiden dan Wapres AS 2020 dimulai, ada saja cerita uniknya. Salah satunya adalah klaim kemenangan. Foto: AP Photo/Carolyn Kaster
Pada tahun 1972, saat berusia 29 tahun, dia menjadi salah satu kandidat termuda yang pernah terpilih menjadi anggota Senat. Perayaan itu tidak berlangsung lama.

Hanya beberapa minggu setelah pemilihan, istri dan bayi perempuan Biden meninggal dalam kecelakaan mobil. Anaknya Beau dan Hunter selamat dengan luka parah.

Kakak perempuan Biden pindah untuk membantu merawat anak laki-laki, sementara Biden memulai karirnya selama lebih dari tiga dekade di Senat. Dia mulai dengan gaji US$ 42.500 setahun (sekitar US$ 250.000 hari ini).

Biden menikah lagi pada tahun 1977 dengan istrinya saat ini, Jill. Setidaknya sejak 1998, tahun paling awal Biden merilis laporan pajaknya di mana sebagian besar pendapatan Biden berasal dari gaji Senat dan gaji Jill sebagai profesor bahasa Inggris di community college.

Mereka mendapatkan royalti US$ 71.000 dan US$ 9.500 lainnya untuk 'hak buku audio', tak lama setelah Random House menerbitkan memoar pertamanya Promises to Keep. Ketika Biden meninggalkan kursi Senatnya pada tahun 2009, gajinya adalah US$ 169.300 setahun. Saat menjadi wakil presiden ada kenaikan 30%.

Saat Biden mengakhiri masa jabatannya sebagai wakil presiden pada Januari 2017, dia mengajukan formulir pengungkapan keuangan lain di mana ia mencantumkan aset dan kewajiban bernilai antara negatif US$ 897.000 dan positif US$ 489.000. Namun selama 23 bulan berikutnya, keluarga Biden memperoleh lebih dari US$ 15 juta menurut pengajuan pajak.

Joe Biden mendapat US$ 1,8 juta dari acara tur buku dan US$ 2,4 juta untuk biaya pembicara menurut pengungkapan keuangan terbarunya. Dia juga memperoleh US$ 775.000 dari University of Pennsylvania untuk memimpin Penn Biden Center for Diplomacy and Global Engagement. Jill menambahkan US$ 700.000 dari biaya pembicara.

Penghasilan itu memungkinkan pasangan itu untuk membeli rumah seluas 4.800 kaki persegi di tepi Rehoboth Beach, Delaware pada 2017. Serta, melunasi setidaknya satu hipotek di rumah Wilmington mereka. Mereka juga menyumbangkan lebih dari US$ 1 juta untuk amal termasuk dua yang dikendalikan oleh keluarga mereka sendiri. Mereka memberikan US$ 150.000 kepada Yayasan Beau Biden untuk perlindungan dan US$ 100.000 kepada Yayasan Joseph Biden.

Keluarga Biden masih memiliki beberapa utang. Catatan County menunjukkan bahwa hipotek US$ 540.000 di rumah Wilmington yang dicatat pada tahun 2013 belum dilunasi. Ada juga dua kewajiban lain yang tercantum dalam pengungkapannya. Salah satunya adalah jalur kredit, sebesar US$ 15.000 hingga US$ 50.000, yang ditandatangani Biden bersama salah satu putranya.(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved