PM Belanda dan Seluruh Kabinetnya Mundur Karena Salah Urus Subsidi - Channel Media Berita Central Indonesia

Senin, 18 Januari 2021

PM Belanda dan Seluruh Kabinetnya Mundur Karena Salah Urus Subsidi

PM Belanda dan Seluruh Kabinetnya Mundur Karena Salah Urus Subsidi

PM Belanda dan Seluruh Kabinetnya Mundur Karena Salah Urus Subsidi

CMBC Indonesia - Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dan seluruh anggota kabinetnya mengundurkan diri karena salah mengambil keputusan terkait subsidi perawatan anak.  Ia mengatakan telah memberi tahu Raja Willem-Alexander tentang keputusannya itu.

"Kami sependapat bahwa jika seluruh sistem gagal, kami semua harus bertanggung jawab, dan itu mengarah pada kesimpulan bahwa saya baru saja menawarkan kepada raja, pengunduran diri seluruh Kabinet," kata Rutte dikutip dari Euro News, Jumat, 15 Januari 2021.

Salah urus ini bermula saat Otoritas Pajak keliru memberi label ribuan keluarga penerima subsidi sebagai penipu. Mereka memerintahkan keluarga penerima mengembalikan tunjangan yang diterima.

Penyelidikan parlemen menyimpulkan bahwa banyak keluarga yang dipaksa puluhan ribu euro dari subsidi yang pemerintah berikan. Hal ini berimbas pada masalah ekonomi ribuan keluarga.

Rutte mengatakan bahwa dia telah memberi tahu Raja Willem-Alexander bahwa pemerintah akan terus bekerja untuk memberi kompensasi kepada orang tua yang terkena dampak secepat mungkin.

Keputusan mengundurkan diri massal ini telah dibahas dalam rapat kabinet hari ini. Padahal dua bulan lagi Belanda akan menggelar pemilihan umum.

Langkah itu dianggap sebagai simbol. Pasalnya pemerintahan Rutte akan tetap menjabat dalam mode caretaker sampai koalisi baru terbentuk setelah pemilihan 17 Maret di Belanda.

Penggunduran diri tersebut mengakhiri satu dekade masa jabatan untuk Rutte. Dalam pemilu yang akan datang partainya diprediksi akan menang. Bila terjadi, Rutte kemungkinan besar akan kembali menjadi perdana menteri Belanda. []




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved