Sosok Firmanzah: Dekan Termuda UI, Masuk Istana, Rektor Paramadina - Channel Media Berita Central Indonesia

Sabtu, 06 Februari 2021

Sosok Firmanzah: Dekan Termuda UI, Masuk Istana, Rektor Paramadina

Sosok Firmanzah: Dekan Termuda UI, Masuk Istana, Rektor Paramadina

Sosok Firmanzah: Dekan Termuda UI, Masuk Istana, Rektor Paramadina


CMBC Indonesia - Rektor Universitas Paramadina Firmanzah meninggal dunia hari ini. Sebelum menjadi Rektor Universitas Paramadina, ia merupakan dekan termuda di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Firmanzah lahir di Surabaya pada tanggal 7 Juli 1976. Ia menghabiskan masa SD hingga SMA di kota tersebut.

Firmanzah merupakan lulusan Universitas Indonesia jurusan Manajemen tahun 1998. Kamudian ia melanjutkan pendidikan dan lulus Magister Manajemen pada tahun 2000, M. Phill of Organisation and Manajemen Strategic, University of Lille pada tahun 2005, serta Program Doktoral di Strategic and Manajemen International (UUPA).

Firmanzah terpilih menjadi rektor Universitas Paramadina di tahun 2015. Ia menggantikan Anies Baswedan. Sebagai rektor, ia bertekad mewujudkan Universitas Paramadina sebagai kampus yang independen dan kultural serta membawa Universitas Paramadina ke tingkat Internasional.

Pernah Jadi Dekan FE UI di Usia 33 Tahun

Sebelum menjadi rektor termuda di Universitas Paramadina, Firmanzah merupakan profesor termuda dan pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia periode 2009-2012. Firmanzah sukses terpilih menjadi dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI) di usia 33 tahun.

Dalam proses pemilihan Dekan FE UI 14 April 2008, Firmanzah PhD berhasil mengungguli 2 kandidat calon dekan lainnya. Mereka adalah Prof Sidharta Utama PhD CFA dan Arindra A Zainal, PhD.

Masuk Istana

Firmanzah juga pernah menjabat sebagai staf ahli ekonomi pada era Susilo Bambang Yudhoyono pada 2012-2014. Semenjak Firmanzah resmi menjadi staf khusus Presiden bidang ekonomi, ia langsung mengundurkan diri dari jabatan sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI).

Kini sosok berprestasi itu sudah tutup usia di umur 44 tahun. Firmanzah akan dimakamkan hari ini Bada Zuhur di Taman Parahyangan Golf Sentul Selatan, Bogor, Jawa Barat.(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved