Kader PKB Daerah: Pengurus DPP Dukung Muktamar Ganti Cak Imin - Channel Media Berita Central Indonesia

Kamis, 15 April 2021

Kader PKB Daerah: Pengurus DPP Dukung Muktamar Ganti Cak Imin

Kader PKB Daerah: Pengurus DPP Dukung Muktamar Ganti Cak Imin

Kader PKB Daerah: Pengurus DPP Dukung Muktamar Ganti Cak Imin

CMBC Indonesia - Mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kota Bandar Lampung, Juanda mengatakan rencana Muktamar Luar Biasa PKB untuk mengganti Ketua Umum Muhaimin Iskandar alias Cak Imin didukung beberapa pengurus DPP PKB.

Namun, Juanda enggan menyebut nama para pengurus DPP PKB yang mendukung agenda tersebut.

"[Pengurus DPP PKB] Ada [yang dukung]. Tapi mereka enggak mau disebut namanya," kata Juanda kepada CNNIndonesia.com, Selasa (13/4).

Juanda menuding kepemimpinan DPP PKB saat ini sudah dikuasai oligarki dan nepotisme. Menurutnya, masalah tersebut bertentangan dengan semangat berdirinya PKB pada 1998 lalu.

Ia menyebut banyak keputusan-keputusan politik Cak Imin belakangan ini yang bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PKB. Salah satunya dengan menunjuk para Ketua DPC dan DPW tanpa adanya forum berdemokrasi.

"Ini partai apa perusahaan kan? Ini sangat bertentangan dengan berdirinya PKB. Sebagai partai warga nahdliyin kan ya," katanya.

Lihat juga: Tim Hukum: SBY Daftar Logo Demokrat Terkait Konflik Internal
Selain itu, Juanda mengklaim bila dirinya masih aktif menjabat ketua DPC PKB Bandar Lampung hingga 2022 berdasarkan SK DPP terakhir.

Dalam forum musyawarah cabang yang digelar awal 2021, Juanda diganti Robiyatul Adawiyah. Meski demikian, ia menegaskan forum Muscab kala itu tidak kuorum dan masih menggugatnya ke DPP PKB.

"Intinya sekarang saya masih belum jelas ini posisinya," ujarnya.

Juanda mengklaim rencana Muktamar Luar Biasa PKB sudah didukung oleh sekitar 113 DPC hingga 10 DPW. Meski demikian, ia tak meyebut secara rinci pengurus daerah mana saja yang mendukung muktamar tersebut.

"Ada di Jawa, kemudian Sumatera, Indonesia bagian Timur, Kita sudah membuat grup emang," katanya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Raja Ampat Papua, Sarudin menilai PKB di bawah kendali Cak Imin sudah melenceng dari AD/ART.

"Saya secara organisasi dan kader partai saya sangat mendukung. Alasan saya bahwa sudah melenceng dari AD/ART partai," kata Sarudin.

Sarudin merupakan Ketua DPC PKB periode 2017-2022 berdasarkan SK. Namun, pada Muscab baru-baru ini dicopot dari jabatannya berdasarkan rekomendasi dari DPP PKB. []




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved