Hina Advokat dengan Sebutan Bahlul, Anggota DPR Deddy Yevri Disomasi - Channel Media Berita Central Indonesia

Selasa, 09 November 2021

Hina Advokat dengan Sebutan Bahlul, Anggota DPR Deddy Yevri Disomasi

Hina Advokat dengan Sebutan Bahlul, Anggota DPR Deddy Yevri Disomasi

Hina Advokat dengan Sebutan Bahlul, Anggota DPR Deddy Yevri Disomasi

CMBC Indonesia - Anggota DPR RI Deddy Yevri Hanteru Sitorus disomasi sejumlah advokat. Ini terkait unggahan Deddy di akun media sosial miliknya, yang dianggap menyinggung profesi advokat.

Somasi terbuka dan tertulis ini disampaikan oleh pengurus DPP Kongres Advokat Indonesia (KAI) dan Lembaga Bantuan Hukum Forum Pengacara Kesatuan Tanah Air (LBH Fakta).

“Melalui somasi ini kami meminta agar saudara Deddy dapat melakukan klarifikasi dan menyampaikan permohonan maaf,” kata perwakilan advokat, Angga Busra Lesmana dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/11/2021).

Menurut Angga, pernyataan anggota DPR asal Kalimantan Utara (Kaltara) itu dinilai sangat mencemarkan profesi advokat.

“Unggahan tersebut menghina dan mencemarkan profesi kami (pengacara) sebagai profesi terhormat atau officium nobile,” ujar Angga.

Sementara perwakilan advokat lainnya, Jhony Bakar, mengatakan unggahan tersebut tak mencerminkan perilaku seorang anggota dewan yang terhormat.

Karenanya mereka meminta Deddy melakukan klarifikasi ke media massa terutama media televisi nasional.

“Kami tunggu respons saudara hingga Selasa, 9 November 2021 pukul 17.00 WIB. Jika somasi tak diindahkan, kami akan melaporkan persoalan ini ke kepolisian,” kata Jhony.

Jhony menegaskan bahwa keberatan yang mereka sampaikan murni merupakan pembelaan profesi advokat. Pasalnya pihaknya mengaku tak memiliki masalah sebelumnya dengan Deddy.

“Ini murni atas nama advokat, demi marwah advokat,” kata dia.

Rencananya, mereka juga akan melaporkan Deddy ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI. Sehingga, permasalahan ini bisa diproses dan diberikan sanksi.

“Kita juga akan laporkan ke asal partai anggota DPR tersebut, agar yang bersangkutan bisa didik. Jangan sampai ini menjadi cerminan buruk yang merugikan partai tersebut,” tandas Angga.

Adapun pernyataan Deddy yang dianggap menyinggung advokat, yaitu, “‘Pengacara’ goblok itu mau bikin sandiwara. Nyuruh anak buahnya yg otak mesum itu serang dia sendiri, lalu nuduh saya. Kaleng2”. Posting-an ini dibuat akun Facebook dedy.y.sitorus pada 3 November 2021.

Kemudian, “Di kampung saya banyak ngaku ‘Pengacara’, tapi gak punya klien. Panjangnya: ‘Pengangguran Banyak Acara’. Bahlul”. Status ini diunggah pada 4 November 2021.[pojoksatu]




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved