Punya Utang Rp16 Triliun ke Pertamina, Kondisi Garuda Mirip Surat Kabar - Channel Media Berita Central Indonesia

Sabtu, 18 Desember 2021

Punya Utang Rp16 Triliun ke Pertamina, Kondisi Garuda Mirip Surat Kabar

Punya Utang Rp16 Triliun ke Pertamina, Kondisi Garuda Mirip Surat Kabar

Punya Utang Rp16 Triliun ke Pertamina, Kondisi Garuda Mirip Surat Kabar


CMBC Indonesia -Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkap kondisi maskapai Garuda Indonesia. Dahlan menyebut utang Garuda ke Pertamina Rp16 triliun.

Utang Garuda ke Pertamina berasal dari pemakaian bahan bakar avtur. Garuda menggunakan avtur dari Pertamina hingga tagihan utangnya sudah mencapai Rp16 triliun.

Setelah utang Garuda semakin menumpuk, Pertamina akhirnya bersikap tegas. Pertamina tidak mau lagi memasok avtur jika Garuda tidak bayar kontan.

Akibatnya, Garuda tidak bisa menerbangkan seluruh pesawatnya. Garuda hanya bisa menerbangkan 11 pesawat pesawatnya.


“Itulah hari terbang paling minimal bagi Garuda. Setidaknya selama banyak tahun terakhir. Maka tidak salah kalau ada yang tetap berkata Garuda masih baik-baik saja. Setidaknya yang 11 pesawat itu,” kata Dahlan Iskan dalam tulisannya berjudul ‘Avtur Eceran’ dikutip dari laman disway.id pada Sabtu (18/12).

Menurut Dahlan, sebenarnya Garuda masih punya 40 lebih pesawat. Masalahnya mau diterbangkan pakai bahan bakar apa?

“Pertamina sudah tidak mau lagi memasok avtur. Utang avturnya ke Pertamina sudah sekitar Rp 16 triliun. Bahkan ketegasan Pertamina itu sudah sangat telat. Pertamina sudah terlalu baik pada Garuda,” jelas mantan Dirut PLN itu.

Dahlan mengatakan 11 pesawat Garuda masih bisa menerbangkan karena membeli avtur secara eceran ke Pertamina.

“Sayang memang kalau Garuda tidak bisa lagi terbang. Hari-hari ini jumlah penumpang lagi ramai-ramainya,” ucap Dahlan.

Mirip Percetakan Surat Kabar

Dahlan membayangkan jalannya operasi Garuda sudah seperti penerbit surat kabar.

Sore-sore berhitung. Ada pemasukan berapa. Lalu berapa yang bisa disisihkan untuk beli BBM eceran. Untuk keperluan besok. Berapa pesawat yang akan terbang disesuaikan dengan berapa uang untuk BBM eceran hari itu.
 

“Itu mirip cara percetakan menyikapi utang penerbit surat kabar. Penerbit tidak tiap hari membayar ongkos cetak. Tunggu tagihan satu bulan. Kalau pun belum bisa bayar koran harus tetap terbit setiap hari. Utang ke percetakan pun menumpuk. Kian sulit ditagih,” jelas mantan bos Jawa Pos ini.

Dahlan menyebut langkah Pertamina dalam meniru gaya percetakan surat kabar sudah tepat.


“Tak disangka perusahaan sebesar Pertamina kini harus ikut cara percetakan kecil. Apa boleh buat. Memang harus begitu, mestinya sejak dulu-dulu. Cara itu justru akan bisa memaksa Garuda lebih sehat-kalau saja tidak terlambat,” katanya.

Dikatakan Dahlan, sebenarnya Pertamina memang bisa “membantu” menyehatkan Garuda secara tidak langsung. Dengan cara Pertamina bersikap keras seperti itu. Sejak dulu. Agar Garuda bisa sehat. Terpaksa sehat. Dan lagi, Pertamina pun tidak sampai punya tagihan segajah itu.



“Dalam kasus percetakan kecil, utang itu bisa menumpuk karena ini: percetakan itu dan koran itu berada dalam satu grup. Setiap kali manajemen percetakan berlaku keras, manajemen koran mengadu ke big boss di grup itu,” imbuhnya.(fajar)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved