150 Ribu Test Kit Corona Tiba dari China - Channel Media Berita Central Indonesia

Senin, 23 Maret 2020

150 Ribu Test Kit Corona Tiba dari China

150 Ribu Test Kit Corona Tiba dari China

150 Ribu Test Kit Corona Tiba dari China
CMBC Indonesia - Pesawat Hercules milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang diterbangkan ke China yang mengangkut sejumlah peralatan terkait penanganan penyebaran virus Corona (COVID-19) sudah mendarat lagi di Tanah Air. Tak tanggung-tanggung, pesawat Hercules tersebut mengangkut sebanyak 150 ribu tes kit.
Dari keterangan yang disampaikan Dinas Penerangan AU, TNI AU telah memberangkatkan satu unit pesawat C130 Hercules dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang kemarin. Pesawat tersebut lepas landas dari Lanud Abdulrachman Saleh pukul 06.55 WIB menuju Lanud RSA di Ranai Natuna sebelum akhirnya take off ke Shanghai, China, pukul 11.40 WIB.

"Sudah barang tentu secara lebih besar, lebih masif (pemeriksaan massal bisa dilakukan), karena kita bersyukur bahwa 150 ribu kit test ini hari ini sudah berada di Tanah Air, yang kemarin dijemput menggunakan pesawat Hercules ke China," kata jubir pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB, Minggu (22/3/2020).

Saat konferensi pers yang digelar sekitar pukul 15.35 WIB itu, Achmad menyebut kabar terakhir yang diterima, pesawat Hercules tersebut sedang transit di Natuna. Menurut jubir yang akrab dipanggil Yuri itu, pesawat tersebut tidak lama lagi akan mendarat di Jakarta.

"Posisi terakhir yang kami terima, pesawat sedang transit di Natuna untuk kemudian tidak beberapa lama lagi akan melanjutkan perjalanan menuju Jakarta," jelasnya.

Yuri memastikan ratusan ribu test kit itu akan disebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Namun, penyebarannya disesuaikan dengan kasus positif yang berada di daerah terkait.

"Oleh karena itu, dengan 150 ribu test kit, kita akan sebarkan ke seluruh Tanah Air sesuai dengan pengelompokan risiko, faktor risiko di masyarakat atas dasar kasus positif yang kita layani di rumah sakit," sebut Yuri.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengapresiasi pemberangkatan pesawat Hercules tersebut. Mahfud menyebutnya sebagai sebuah tugas yang mengharukan.

"TNI AU memberangkatkan 2 pesawat untuk membeli obat Corona ke negeri seberang. Mengharukan," kata Mahfud dalam twitter peribadinya seperti dilihat detikcom, Minggu (22/3).

Bukan tanpa alasan Mahfud menyebut itu tugas yang mengharukan. Menurutnya, di saat rakyat Indonesia diminta pemerintah untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah, sedangkan personel TNI itu diminta pergi jauh dari rumah untuk mencari obat Corona.

"Demi kebaikan, mari kompak, bersama mengikuti arahan pemerintah untuk social distancing," katanya.(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved