Saudi Tutup Penerbangan Akibat Corona Jenis Baru, Nasib Jamaah Umroh? - Channel Media Berita Central Indonesia

Senin, 21 Desember 2020

Saudi Tutup Penerbangan Akibat Corona Jenis Baru, Nasib Jamaah Umroh?

Saudi Tutup Penerbangan Akibat Corona Jenis Baru, Nasib Jamaah Umroh?

Saudi Tutup Penerbangan Akibat Corona Jenis Baru, Nasib Jamaah Umroh?


CMBC Indonesia -Arab Saudi menutup sementara penerbangan internasional akibat ditemukannya virus corona jenis baru. Keputusan ini berisiko mempengaruhi pemberangkatan jamaah umroh.
Rencana keberangkatan umroh hari ini Senin (21/12/2020) bisa batal atau lanjut seperti rencana semula. Indonesia masih menunggu telegram resmi dari pemerintah Saudi.

"Di sistem penerbangan Garuda masih On tapi Garuda masih menunggu telegram resmi dari Saudi," ujar Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaky Zakaria.


Dalam pesan pendek yang diterima detikcom, jamaah umroh masih berada di lobi hotel. Mereka urung berangkat ke bandara karena menunggu kabar pemerintah Saudi dan maskapai.

Menurut Zaky, jamaah umroh yang berangkat pada Senin (21/12/2020) telah menjalani swab dan karantina. Grup ini masuk hotel karantina pada Minggu (21/12/2020) sebelum menjalankan ibadah.

Selain menunggu kabar dari maskapai, Zaky juga terus menghubungi muassasah. Pihak ini adalah penyelenggara umroh di Arab Saudi yang ditunjuk kementerian haji Saudi.


Dikutip dari Arab News, penutupan penerbangan internasional sementara Arab Saudi berlangsung seminggu. Namun tak menutup kemungkinan diperpanjang seiring update laporan virus corona jenis baru.

Selain penerbangan, jalur masuk Saudi dengan transportasi lain juga ditutup. Virus corona jenis baru ditemukan di Inggris dan negara bagian Eropa lainnya.

Penutupan sementara adalah respon terhadap potensi kegawatan virus corona jenis baru. Arab Saudi juga mewajibkan siapa saja yang baru kembali dari Eropa melakukan karantina dan pemeriksaan diri.(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved