Cegah Corona, Dinkes Sumut Cari 350 Orang yang Ikut Tablig Akbar di Malaysia - Channel Media Berita Central Indonesia

Jumat, 13 Maret 2020

Cegah Corona, Dinkes Sumut Cari 350 Orang yang Ikut Tablig Akbar di Malaysia

Cegah Corona, Dinkes Sumut Cari 350 Orang yang Ikut Tablig Akbar di Malaysia

Cegah Corona, Dinkes Sumut Cari 350 Orang yang Ikut Tablig Akbar di Malaysia
CMBC Indonesia - Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Dinkes Sumut) sedang mencari 350 orang yang hadir di tablig akbar Malaysia. Dinkes saat ini masih mendata ke-350 orang itu.
"Ada 350 orang yang hadir tablig akbar di Malaysia. Itu sedang kita cari siapa saja itu. Itu untuk memutuskan rantai penularannya seperti itu," ujar Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan, Jumat (13/3/2020).

Jika sudah dapat, orang-orang tersebut akan diminta tidak bepergian ke luar rumah selama 14 hari. Tujuannya untuk melihat apakah mereka tertular corona atau tidak.

Kalau dia udah dapat, dia disuruh di rumah, jangan ke mana-mana. Karena kan dia dalam masa inkubasi. Selesai 14 hari silakan mau ke mana-mana," ucapnya.

Alwi menyebut pihaknya baru mendapat laporan dari Binjai soal warga yang ikut tablig akbar itu. Pihaknya masih terus mencari tahu siapa orang-orang yang ikut tablig akbar tersebut.

"Ini kan baru ini baru dapat laporan. Jadi kita belum tahu seperti apa. Tapi yang pasti kita akan berlakukan itu. Belum tahu (dari mana saja) kalau itu, yang pasti tadi dari Binjai ada laporan," jelasnya.

Sebelumnya, otoritas Malaysia tengah melacak sekitar 5 ribu warganya di berbagai wilayah yang diyakini terpapar virus Corona atau COVID-19 di acara tablig di sebuah masjid di Selangor. Seorang pria asal Brunei Darussalam dan satu warga Malaysia yang dinyatakan positif virus Corona diketahui sempat menghadiri acara tersebut.

Seperti dilansir Reuters dan Malay Mail, Kamis (12/3), Kementerian Kesehatan Malaysia (MOH) dalam pernyataannya menyebut prosedur pelacakan kontak dilakukan setelah Brunei mengumumkan salah satu kasus virus Corona yang melibatkan seorang pria berusia 53 tahun yang pernah menghadiri acara tablig di masjid Malaysia. Pria Brunei itu menghadiri acara tersebut antara 27 Februari hingga 1 Maret lalu.

Tidak disebut lebih lanjut dari negara mana saja orang-orang yang menghadiri acara itu. Namun, pihak KBRI sudah meminta WNI yang mengikuti acara itu untuk memeriksakan diri mereka.Acara tablig itu digelar di Masjid Seri Petaling, Selangor, mulai dari 28 Februari hingga 1 Maret lalu. Acara itu diketahui dihadiri oleh 10 ribu orang dari berbagai negara. Sekitar 5 ribu orang di antaranya merupakan warga negara Malaysia..(dtk)




Loading...
loading...

Berita Lainnya

Berita Terkini

© Copyright 2019 cmbcindonesia.com | All Right Reserved